animasi





tinggal ketik untuk mencari data

Senin, 04 November 2013

Barack Obama

1. LATAR BELAKANG BARACK OBAMA
1.Lahir di Hawaii, Berdarah Akademisi
            BARACK Husein obama lahir  pada 4 Agustus 1961 di queens medical center, Honolulu,Hawaii. Barack Hussein obama Sr.,pria kulit hitam yang berasal dari Nyangoma-kogelo distrik siaya, Kenya.ibunya,Shirley Ann Dunham wanita kulit putih, keturunan suku Cherokee,berasal dari Wichita , Kansas,Amerika serikat. Ayah ibunya, bertemu saat keduanya sama sama kuliah di east-West center,University of Hawaii,dimanoa,dan menikah pada tahun 1969.namun saat obama berusia 2 tahun (1963),ayah ibunya bercerai.  Ayah ibunya merupakan sosok yang memiliki perhatian tinggi pada pendidikan. Ayahnya adalah mahasiswa afrika pertama yang mendapat beasiswa ke Hawaii, untuk belajar ekonometri, dan menjadi mahasiswa terbaik di angkatannya
            Lulus dari Hawaii,Obama Sr. melanjutkan ke jurusan ekonomi universitas Harvard. Di kampus ini pula, kelak obama Jr. juga menempuh pendidikan. Setelah meraih doctor, Obama Sr   baru pulang kampung  ke Kenya.meniti karier sebagai ekonom,hingga menjadi pejabat tinggi di Departemen keuangan Kenya. Ia meninggal  pada usia muda , tahun 1982 (umur 46 tahun), dalam sebuah kecelakaan mobil.usia sang ayah saat meninggal sepantaran dengan umur. Sang ibu, Ann dunham, meraih doctor antropologi  di universitas Hawaii, dengan disertasi tentang industri pandai besi di Indonepasia.Ann meninggal pada tahun 1995r (umur 53 tahun) karena sakit kanker rahim. Kembali ke belakang, saat obama  berusia 6 tahun (1967), ibunya menikah dengan lolo soentoro, mahasiswa Indonesia yang tengah kulia di Hawaii. Lolo adalah pegawai dinas geografi Ditjen Topografi TNI Angkatan Darat ,mereka kemudian pindah kejakarta,  pada tahun 1967 itu juga.
Dalam buku The Audacity of Hope, obama menceritakan situasi sosial politik Indonesia, saat pertama kali ia menginjakan kaki Di Jakarta. Saat itu Indonesia baru   mengalami pergolakan politik, dan soeharto baru saja diangkat menjadi pejabat presiden, menggantikan soekarno. Obama menikahi Michelle Robinson, 44 Tahun , juga doktor  hukum lulusan universitas Harvard,kini pasangan ini di karuniai dua putri: Malia(lahir 1999) dan sasha(2001). Obama lulus  dari Colombia university di new York dan melanjutkan kuliah hokum di Harvard university di Massachusetts.

2. Kenangan di Menteng Dalam 
            Obama pernah tercatat sebagai murid di SD fransiskus Asisi, di kawasan menteng  dalam, Tebet, Jakarta selatan . para guru katolik itu tidak mengenal nama Barack obama, sebab, ketika masuk sekolah tersebut pada 1 januari 1968, ia duduk di kelas 1B,dengan nama Barry Soetoro.
Dalam dokumen sekolah, seperti di telusuri Majalah GATRA, Barry kecil di sebut  sebagai warga Negara Indonesia. Lahir di Honolulu, Hawaii, 4 agustus 1961 dalam kolom orang tua tertulis nama ayahnya lolo soetoro dan ibunya Aan durham. Barry tinggal bersama ibu kandungnya dan ayah tiri nya itu di jalan H Ramli, di belakang SD Asisi. Di rumah itu tinggal pula adik tirinya Maya soetoro, hasil pernikahan Aan durham dan lolo soetoro.
Barry sekolah di SD Asisi karena dekat dengan rumahnya setiap ke sekolah Barry selalu diantar ibunya ia memang dekat dengan ibunya ia memang dekat dengan ibunya. Sang ibu kerap membekalinya roti tawar berlapis selai. “kalau siang, Barry selalu makan roti selai itu”. Tutur Israella Darmawan, 62 tahun  guru yang pernah mengajar Barry di kelas 1
DI sekolah itu. Barry tercatat angkatan ke 2. Ketika pertama kali beroperasi pada tahun 1967, sekolah itu hanya memilki dua ruang kelas. Lantainya  masih pasir atap tanpa eternity.di sekolah yang kini berkembang menjadi perguruan mulai TK, SMP, SMU, hingga SMK, Barry belajar sampai kelas IV.
Catatan prestasi Barry tidak di ketahui. Lembar kolom penilaiaan di halaman samping data pribadi Barry kosong tak terisi. Namun, seingat israellais , Barry sangat menonjol dalam pelajaran matematika. Tetapi dalam pelajaran bahasa Indonesia, Barry masih terseok. Sejak kecil ia memang terbiasa berbahasa inggris. Ketika awal masuk sekolah  Asisi, praktis ia kesulitan berkomunikasi, namun menurut israella, Barry termasuk cepat belajar. Enam  bulan berselang, kesulitan berkomunikasi itu bias di atasi. Barry mulai bias berbahasa Indonesia, meski belum fasih. Dari kenangan yang bias diingat israeella, Barry juga memiliki tulisan tangan yang rapi, seperti orang orang barat pada umumnya, kata israella. Barry kecil memiliki sifat seperti pada umumnya. Dia doyan bermain dengan anak lain,malah kadang berantem.dalam pergaulan di sekolah dan lingkungan tempat tinggal, Barry cukup “beken” semua teman mengenal nya. Maklum, ia memilki cirri khusus yang berbeda dari anak lainnya. Dengan kulit hitam dan rambut keriting, anak itu cepat menarik perhatian orang. Apalagi badannya yang bonsor. Tipe kulit,rambut, dan bodynya itu diwarisi dari ayah kandung nya, Barrack Hussein obama Sr. yang asal Kenya, kawin dengan Aan durham, wanita kulit putih asal Wichita,Kansas. Orang tuanya ini bercerai saat barry berusia 2 tahun.
Dengan cirri fisik itu, Berry kerap di goda teman temannya. “kalau di goda, dia Cuma bilang curang curang”, tutur Harman Askiar, 52 tahun, bekas tetangga Barry di menteng dalam. Menurut Harmon, Barry sering main ke rumahnya.
Adik Harmon, Etty Hayati 51 tahun, menuturkan  bahwa Barry sering di goda teman temanya. “ karena anak bule kulit hitam di sini, selain itu,badannya besar dan montok. Kami jadi gemes”papar Etty pada GATRA. Etty membenarkan setiap Barry di goda, kata yang keluar dari mulut Barry adalah “curang”.
Etty termasuk paling suka menggoda Barry.”kesukaannya makan permen berbentuk cabe. Nah, pernah suatu kali saya kasih cabe benaran, dia terus kepedasan sambil teriak-teriak curang ujar ety. Berry juga suka makan coklat . saya godain dengan mengganti coklat dengan terasi.lagi lagi dia bilang curang.
Etty mengaku pada tahun 1990 an masih ketemu ibunda nya Berry Aan durham beliau memang sering menjahit baju kepada saya,.kata etty waktu itu, Aan yang dokter ekonomi dari university of Hawaii di manoa-disertasinya tentang pandai besi di Indonesia – antara lain menjadi konsultan di BRI.orang nya ramah dan cerdas.
Ketika ketemu Aan dunham – meninggal 1995- etty juga sering menanyakan soal Barry. “menurut ibu Barry, dia juga masih ingat teman temannya yang di sini”,tutur Etty.
Menurut israeela, ada guru yang bercerita bahwa Barry pernah membuat sebuah karangan saat di kelaas 3, karangan Barry itu menceritakan bahwa diri nya ingin menjadi seorang presiden  suatu saat nanti.”semoga Barry menjadi pemimpin yang hebat,”ucap israella.

2. LATAR BELAKANG POLITIK BARACK OBAMA
            1. SENATOR BERLATAR DUA BUDAYA
Waktu di lantik sebaagai senator, 4 januari 2005, Obama bertutur di The Audacity of Hope, bahwa udara terasa hangat dan matahari menyilaukan mata. Pendukungnya dari Illinois, Hawaii, London, dan Kenya serta keluarga dan sanak saudara memenuhi galeri pengunjung gedung senat dan mengelu- elukan saat Obama mengaambil sumpah jabatan. Komposisi pendukung ini menggambarkan beragamnya simpatisan obama.
Dari gedung senat lama, Obama bergabung dengan michelle, istrinya dan 2 anak gadisnya, bergambar wakil presiden Dick Cheney. Malia , anak pertama, mengguncang tangan sang wapres, sedangkan sasha putrid ke 2 saling menepuk tangan (toss), dengan Dicky Cheney, setelah itu. Meraka berempat menuju library 0f congress untuk menemui ratusan pendukung yang jauh jauh hari tiba di Washington.
Selama berjam jam kami berjabat tangan, berfoto bersama, dan membubuhkan tanda tangan. Satu hari yang penuh senyum dan keriuhan. Setelah semuanya pulang, acara pun usai mentari sembunyi di balik awan kelabu di musim dingin, yang tinggal hanyalah? Negeri ini terbelah, tulis obama.
Ia menyaksikan juga washinton Dc, yang terbelah secara politis di banding zaman sebelum perang dunia ke 2. Pemilihan presiden dan sejumlah statistik menunjukan, membuat isu penting membuat rakyat amerika tidak sejalan. Antara lain soal perang irak , pajak , aborsi, pemilikan senjata, perkawinan sejenis, imigrasi perdagangan, kebijaksanan pendidikan, dan banyak lagi.
Bagi Obama, hal itu tidak mengejutkan. Sejak lama, ia mengikuti perdebatan politik di Washington.mengenai iran-contra dan oliver north, tentang clarance, kasus whitewater, dan media.selama delapan tahun senantiasa menjadi Illinois Obama mengaku tahu persis bagaimana caranya bermain.
Mike flannery, seorang penyiar masalah politik di sebuh televisi di Chicago, menyebut obama sebagai “perbaduan dua budaya yang sempurna”.ayahnya berkulit hitam asal Kenya ibunya berkulit putih dari Wichita, Kansas
Dengan latar belakang sebagai pemimpin organisasi di lingkungannya dan doctor hokum yang dia raih dari Harvard, obama bagaikan cermin sempurna sebuah Negara yang berusaha mengabaaikan perbedaan ras. Keturanan dan masa lalu.
Obama adalah politisi yang hampir tiap orang bias menghubungkan obama dengan diri mereka sendiri. “saya banyak memiliki baagian berbeda dari orang yang berbeda beda dalam diri saya,” ujar Obama. Karena itu tak mengherankan bila orang memandang sebagai tokoh pemersatu, “saya tidak keberatan dengan julukan itu. Saya kira, itu penyederhana dari siapa saya sebenarnya,” katanya.
“saya yakin bila anda mendapatkan saya di sebuah ruangan penuh massa dari berbagai macam ras dan golongan, orang hitam, putih, latin ,anggota republic, democrat, maka beri saya waktu setengah jam, dan saya yakin sebagian besar dari mereka akan memberikan suaranya pada saya,” tuturnya penuh percaya diri.
“sebab saya tidak merasa tidak ada hambatan dengan ras, geografi atau latar belakang bila brhubungan dengan orang banyak, ketika orang mengatakan bahwa saya tidak akan memenangkan pencalonan senat illnois, saya tidak percaya pada mereka. Karena dasar kerja sudah di bangun oleh generasi sebelumnya berkata lain”. Ia memenangkan pemilihan senat di Negara bagian illionis pada 1996, dan memang kariernya  terus menanjak hingga di lantik sebagai senator di capitol Hill pada 4 jaanuari 2005.
2. POLITIKUS JALAN TENGAH
Bila di lihat subtansi dan spectrum ide ide yang ditawarkan rizal mallarangeng , menempatkan obama sebagai politisi moderet dalam tradisi liberal Amerika. Politisi jalan tengah dalam tradisi yang telah dirintis Bill Clinton dan Toni Blair,hal ini membedakan obama dengan politisi kulit hitam yang cenderung memilih garis ekstrem. Baik di kiri (jesse Jackson) maupun di kanan (Alan keyes).
Dalam membangun ekonomi Amerika, obama mengaku pentingnya mekanisme pasar, namun tetap ingin mengembangkan peran yang sehat dan efektif. Dalam kehidupan keagamaan, ia bersimpati pada kaum koservatisme,namun ia memaahami betul bahwa tradisi sekularisme amerika adalah tradisi sacral yang harus terus d perkuat.
Dalam menjembatani perbedaan kaum democrat dan kaum  republican, ia ingin membangun sebuah konsessus bersama yang mempertemukan  secara kreatif pandangan pandangan  yang berbenturan.
Intuisi obama adalah menemukan moderinisasi dan jalan tengah. Ia ingin merangkul sebanyak mungkin kalangan. Maka itu, ia mampu mencari kebenaran pada lawan politik nya dan mengakui kaum republiken kadang memiliki pandangan lebih baaik.
Pilihan jalan tengah itu bukanlah sekedar jalur pelariaan. Bukan sekedar jalan pintas untuk menhhindari pilihan sulit yang harus di laakukan seorang pemimpin. Ia bukan seorang yang tidak mampu menghadapi pilihan sulit dan selalu menhhindari resiko.tot
Ia merupakan salaah satu dari sedikit politisi yang secara tegas menentang tindakan brutal  di irak yang waktu itu sangat di saanjung. Obama mengambil resiko besar dengan memilih melawan arus. Kini orang banyak mengkritik bush.
Bias jadi, pasca Bush, amerika memang lebih membutukan tokoh penempuh jalan tengah. Tiap penggal sejarah melahirkan tokohnya sendiri, setelah periodee Bush amerika sekarang merindukan pemimpin yang merangkul seorang heal- maker, seorang yang mampu membangun  titik temu bagi sekian banyak perbedaan.

3.MASA DEPAN OBAMA DI MATA BUSH
Pertemuan pertama Obama dengan presiden George W.Bush pada saat menerima ucapan setelah terpilih sebagai senator, pertemuan  kedua paadaa saat jamuan makan pagi dengan paara senator lainnya.dalam sebuah makan pagi, setelah berbincang dengan wakil presiden Dick Cheney dan karl rove, penasehat politik kepresidenan, obama melihat bush mendiskusikan agenda masa jabatan nya yang kedua dan tentang pokok pokok penting yang di sampaikan dalam kampannye, soal pentingnya perang irak, mengubah system pajak dan tentang reformasi tunjangan sosial   
Sebelum keluar dari ruang makan pagi, obama melihat presiden berdiri pintu luar “obama!” panggilnya sambil mengalami  tangan obama. “kemari sebentar dan temui laura.” Ujarnya” laura, ingat obama, kan ? kami melihat penampilan anda di televise. Keluarga yang bahagia, dan istri anda benar-benar cantik dan anggun, “katanya.
Pak presiden kita berdua lebih beruntung dan bukan sekedar layak, ” sambut obama sambil menyalami ibu Negara, Laura Bush. Obama berharap, mulutnya tak kelihatan berlepotan setelah makan tadi. “ ini….. ini. Silakan. Baok untuk menghindari flu, “kata Bush sambil menyambar selembartisudari pelayan di dekatnya.
         “mari kesini sebentar,”kata Bush sambil mengantar Obama ke pojok ruangan. “ Tahu enggak,” katanya setengah berisik. “ saya harap, anda tidak keberatan, saya mau memberi sedikit saran?” ujarnya lagi. “ oh, tidak. Saya tidak keberatan sama sekali,” jawab Obama. Presiden Bush menggut-manggut.
            “anda punya masa depan cerah,”kata Bush pada Obama.” Sungguh cerah. Saya sudah lama tinggal di kota ini dan cukup sulit. Bila anda mendapat banyak perhatian, maka banyak orang yang mulai ingin menembak anda. Bukan hanya dari pihak saya, melainkan juga dari kubu anda. Mengerti maskut saya kan? Setiap orang menghendaki Anda terpeleset. Karena itu, hati-hatu!” ujar Bush. “ terima kasih tas sarannya, Pak Presiden,” jawab Obama.
            “ Baiklah.. Saya harus pergi dan kita berdua punya kesamaan, “tutur Bush. “kita harus menghadapi Alan keyes (senator Illinois dari partai republic). Dia benar-benar tangguh, ya?” kata Bush. Obama tertawa, dan sambil menuju pinti keluar, ia ceritakan beberapa kejadian di masa kampanye sebagai senator.
Tidak sampai kepintu keluar, Obama menyadari bahwa tanggannya hinggap di pundak orang nomor satu amerika serikat itu. Sebuah kebiasaan di luar kesadaran yang membuat banyak orang terlihat tidak nyaman. Lebih-lebih para pengawal presiden. Ah, dasar Obama.s
4. obama dan yahudi – Israel; teman atau lawan
Dalam pandangan banyak politik amerika di yakini bahwa sudah menjadi rahasia umum bahwa lalun lintas keuangan bangsa yahudi memiliki peran yang sangat siknifikan di partai democrat. Kaum yahudi amerika memang tidak berjumlah banyak, bukan kumpulan massa pemilih tang sangat banyak, namun mereka memiliki kekuatan untuk memperbanyak jumlah pemilih.
Menurut sejumlah pengamat, populasi bangsa yahudi di amerika hanya mencapai 2 sampai 3 persen dari total penduduk amerika. Kendati kaum yahudi merupakan kelompok minorotas, namun semua orang sepakat bahwa kaum yahudi sedemikian powerfull bagi kehidupan social,ekonomi, politik, hampir semua ranah bisnis amerika yang signifikan di kuasai oleh bangsa yahudi.
Demikian pula dengan asset intelektual, nyaris ilmuan yahudi menjadi kelompok mayoritas di antara ilmuan amerika untuk semua ragam dan jenis ilmu pengetahuan. Dalam kehidupan politik amerika, istilah “lobi yahudi” menjadi istilah dan praktik yang cenderung abadi, khusus nya berkenaan kebijakan luar negri amerika serikat, baik untuk timur tengah maupun untuk belahan dunia lain.

                OBAMA”Anti-Israel”
Dalam perdebatan dan kepentingan kampanye politik, obama sering dipandang sebagai bagian dari kelompok anti Israel. Mereka yang menilai demikian mengajukan argument dari dua sisi: pertama, keanggotaan nya sebagai jemaat united Church of crish dengan memerhatikan kedudukan jeremiah wright Jr. sebagai pastor gereja itu dan di sebut sebut sebagai mentor spiritual obama, kedua, dilihat dari komposisi anggota tim penasehat kebijakan luar negri obama, dimana terdapat sederet nama yang sejak lama memiliki pandangan dan gerakan Anti- Israel.
Tentang gereja united Church of Christ, Ed lasky, editor American thinker, menulis.
“united Church of Christ merupakan sebuah gereja biasa dengan pandangan keagamaan sebagaimana umumnya gereja – gereja Kristen lainnya, sebagian besar warga amerika keturunan afrika bergabung menjadi jemaat gereja ini. Selain menekan kan ajaran kekristenan, gereja ini juga banyak menekan kan pentingnya leadership kepada jemaatnya.
Obama sendiri mengakui bahwa gereja nya sangat banyak memberikan pengaruh dan memberikan banyak inspirasi bagi kebijakan dan pandangan – pandangan politik nya. Atas pengakuan ini dan banyak kelompok “minoritas” warga keturanan afrika di gereja ini. Lawan –lawan politik obama menilai bahwa gereja itu memiliki agenda politik dengan mengedepankan sikap fanatic dalam kelompok minoritas, khususnya warga amerika kulit hitam. Tuduhan ini segera mendapatkan bantahan dari obama dengan menyatakan;
“sama sekali tidak ada yang di sebut dengan bangsa amerika kulit hitam, amerika kulit putih, Latino –Amerika, dan asian – amerika. Yang ada hanyalah satu: bangsa amerika serikat.
Kembali kepada soal penilaian obama sebagai anti Israel yang di hubungkan dengan keanggotaan nya sebagai jemaat united Chrurch of Christ, kebanyakan analisis menghubungkanya dengan kedudukan jeremiah Wright Jr. seorang yang cukup lama sebagai pastor gereja united Chrurch of Christ.
“atas keanggotaannya sebagai jemaat united Chruch of Christ, obama sering dikaitkan sebagai bagian dari kelomok “anti semit” hal ini di hubungkan dengan kedudukan jeremiah wright Jr. adalah seorang pastor yang memiliki pandangan anti agama semit dan mengajarkan “teologi pembebasan.
Terminilogi “ pembebasan” biasanya diartikan sebagai bentuk perjuangan membebaskan diri dari mata rantai yahudi, atau secara eksplisit sering diartikan orang “anti yahudi” pastor wright juga pernah menjadi pendukung Louis farakkhan yang di kenal juga seorang pemimpin kelompok separatis kulit hitam yanh anti yahudi, bergabung dengan colonel muamar qadafi yang membuat gerakan teror  terhadap perusahaan milik dan warga amerika yahudi dan menyatakan bermusuh dengan Israel.
Pastor jeremiah wright Jr. sendiri disebut sebut banyak media sebagai mentor spiritual dan tokoh inspirasional obama. Dalam sebuah kesempatan wright sempat menulis kritik kepada Israel.
Selain memiliki mentor spiritual yang anti Israel, obama juga dikenal banyk memiliki teman akrab yang paandangan dan gerakan anti Israel. Ali Abunimah, pemimpin www. Intifada.com, seorang yang dikenal sebagai aktivis bagi pembelaan isu –isu palestina. Orang yang secara terbuka menunjukan sikap bermusuhan dengan Israel baik dalam gerakan protes maupun dalam berbagai tulisannya yang tersebar berbagai media di amerika, disebu-sebut banyak kalangan sebagai salah satu teman akrab obama. Kedekatan obama dengan Abunimah di lukisan Abunimah sendiro dalam sebuah perjumpaan dalam sebuah kolom yang di muat sebuah harian amerika.
Selain itu obama juga brsahabat dengan Edward W. said, seorang professor dalam bidang kajian timur tengah, penuls buku Orientalism yang fenomenal. Said adalah ilmuan kritis yang banyak mekancarkan kritik kepada Israel pertemanan itu bukan saja sebagai sebuah pertemanan ke akraban, kedekatan dan intensitas pertemuan seta hubungan, namun juga obama dalam kapasitasnya sebagai senator di kabarkan banyak memberikan bantuan, baik dengan cara memfasilitasi dan menjadi juru bicara kepentingan “ideologis” teman akrabnya, maupun dengan cara mengalirkan dana untuk agenda gerakan anti Israel.
“sikap dan pemikiran obama tehadap dan tentang Israel masih penuh teka teki. Hal ini terlihat dari komposisi tim penasehat kebijakan politik luar negri obama, di dalam keanggotaan tim tercatat nama Robert Malley, seorang yang di kenal memiliki pandangan kritis terhadap Israel.
Malley adalah putra simon malley, seorang anak keturunan Syria yang di lahirkan di mesir. Karir simon malley di mulai sebagai seorang jurnalis dan aktif dalam gerakan anti imperalis dan anti idiologis nasionalisme. Simon malley di kabarkan menulis ribuan surat yang berisi dukungan kepada perjuangan melawan “imperialisme”  barat. Di paris simon malley mendirikan majalah Afrique Asie dan menjadikan majalah itu sebagai media yan menyuarakan gerakan perjuangan “pembebasan” dan “kemerdekaan”  dunia ketiga, khususnya palestina.
Dalam searching internet, nama simon malley sangat mudah di temukan sebagai seorang akivis anti- Israel. Ia adalah tokoh yang menabukan genderang peperangan melawan Israel sebagai gerakaan suci. Di kabarkan bahwa ia sering berbincang dan menjadi kawan karib Yasser Arafat. Selain itu ia juga sering di sebut sebagai teman ddekat Daniel pipes seorang simpatisan aktif Palestinian liberation organization (plo)

              OBAMA “ Pro – Israel”
Pandangan ini banyak di lancarkan oleh kelompok muslim amerika dan sebagian  aktivis islam di luar amerika. Salah satunya adalah sahabat karib Obama sendiri, Ali abunimah. Pernah berpidato di hadapan American Israel public Affairs committee (AIPAC) di Chicago. Ia mencari dukungan dana dengan merajuk koomite melalui pernyataannya yang akan mendukung penuh eksistensin Israel.
Dalam kesempatan itu, Obama berkata “Israel adalah sekutu kita yang terkuat dan Negara paling demokratis di kawasan timur tengah, selain itu, obama juga menegaskan bahwa dirinya menjamin audiensnya dengan menyatakan bahwa kita harus berkomitmen penuh untuk membiayai dan memberikan bantuan militer kepada Israel dengan pola program  kerja sama yang bersikenambungan bantuan ini juga di keluarkan bukan saja demi menjamin keamanan dan eksistensi Negara Israel dari serangan negar Negara arab khususnyaa palestina. Juga mengantisipasi ancaman yang dating dari Teheran.
Kendati obama mendukung penuh eksistensi Israel tetapi dukungan bukan tanpa kritik. Obama juga mengecam kebijakaan Israel yangmemperlebar wilayah kekuasan hingga mencaplok wilayah perbatasa palestina dan mengorbankan banyak warga palestina tak berdosa                                                       dan politik membangun kawasan pemukiman. Obama dengan tegas menyatakan bahwa kebijakan Israel ini bertolak belakang dan melanggar hak asasi manusia, dan semakin memperburuk upaya jalinan hubungan damai dengan paalestina.
 Sepanjang peperangan Israel versus Hizzbulah, obama sering mengkritik Hizbullah ketimbang tentara Israel. Dalam beberapa kesempatan, mengutip Abunimah, obama menuduh Hizbullah sebagai pembunuh orang – orang tak berdosa. Sementara atas serangan rocket Israel yang “salah sasaaran” rencananya menyerang Camp Hizbullah malah menghantam pemukiman sipil, Obama diam seribu bahasa.
Obama sangat dekat dengan kaum arab  - American dan palestina – amerika. Tapi itu semua demi merai simpatik dan dukungan suara.
Selama obama menjadi senator, sedikit kesempatan bagi nya untuk berbicara mengenai Israel. Sebagaimana umumnya congressmen Amerika, obama juga menyepakati pentingnya mempertahankan dan mengembangkan hubungan baik dan hubungan  dekat antara pemerintah Amerika dan Israel.obama juga dikabarkan menjadi teman akrab dan banyak memberikan dukungan kepada anggota kongres yang beragama Yahudi. Kurang lebih obama sebagai congressman tidak melepasakan diri dari fakta bahwa ia menjadi bagian dari lobi – lobi yahudi untuk kepentingan dan kepastian eksistensi Negara Israel, khususnya berkenan dengan bantuan senjata dan kerja sama militer lainnya.

5.OBAMA DAN BABAK BARU DEMOKRASI AMERIKA
Kehadiran obama dalam bursa kandidat calon presiden Amerika serikat, mungkin bisa di masukan dalam kerangka inclusiveness. Dalam demokrasi, ujian terhadap praktik kerangka ini adalah terlajsananya tata aturan main (rule of the game) dan tata aturan hukum (rule of the law) yang memberikan jaminan perlindungan dan kesempatan politik pada kaum minoritas. Kelompok minoritas bukan saja memiliki perwakilan yang merepresentasikan kelompoknya, namun pada saat yang bersamaan dan ruang yang sama untuk menjadi pemimpin, memimpin kelompok mayoritas bersama kelompok-kelompok lainnya.
Barrack husein obama dalam persaingan kandidat calon presiden Amerika serikat nyris sempurna “mewakili” public minoritas Amerika serikat. Mulia dari tampakan perawakannya sebagai orang berkulit hitam, namanya kearab araban, latar belakang keturunannya sebagai warga afrika – Amerika keanggotaannya sebagai jemaat gerejaa Kristen trinitas  dan pengakuan bahwa pastor jeremiah wright Jr. tokoh yang dikenal sebagai anti Israel sebagai mentor spiritual nya, sampai dengan berbagai gagasan politik yang dikampanyekannya yang sebagian menunjukan cara dan isi yang “berbeda” dengan mainstream politik amerika pada umumnya.
Obama juga mengangkat tim penasehat kebijakan luar negri berupa kumpulan orang-orang yang memiliki track record anti Israel melakukan kritik habis  kepada kebijakan kebijakan perang irak yang “membanggakan” sebagian besar public amerika, dan secara serius meraih simpati public  minoritas seperti kalangan muslim, latin- Amerika, serta kecenderungan nya untuk menggandeng dunia islam sebagai mitra dan sahabat
Dari sudut pandang track record politiknya, obama sepanjang menjadi senator merupakan anggota panitia kerja untuk urusan yang “kurang seksi”. Ia bersama sama dengan anggota kongres baik dari partai democrat maupun democrat mengurusi drafting legislasi etika, layanan kesehatan, pendidikan anak usia dini, dan program-program pengetasan kemiskinan.
Latar belakang politik ini menjadikan obama dalam kampanye politknya lebih mengutamakan soal atau mengangkat isu-isu universal keseharian seperti masalah pendidikan, kesehatan, dan perluasan lapangan pekerjaan.semua itu iam kemas dalam bahasa dan retorika politik yang cerdas, khrismatik dan terbuka. Obama tanpak mencoba menunjukan diri sebagai seorang yang zero menuju hero.
Melihat dukungan massa yang  tidak terduga dan berkali-kali mengalakan Hillary Rodham Clinton- istri Bill Clinton yang sering di yakini sebagai lebih cerdas dari suaminya- dalam pemilu pendahuluan di panggung konvensi partai Democrat, media Amerika sering menyebut obama sebagai sang Rising Star.
Obama yakin bahwa pesan politik yang menyentuh kehidupan keseharian dan memainkan isu universal bakal di dengarkan public amerika. Demikian pula dengan “keunikan” latar belakang biografis dan kelompok social nya. Ia hanya tampil mencoba membuktikan diri sebagai seorang yang mampu mempersentasikan nilai nilai, budaya, dan tradisi demokrasi politik amerika serikat.
Sepertinya usaha obama membawa hasil yang cukup memuaskan. Menurut sebuah survey umum tentang sikap media di beberapa belahan dunia di sebutkan bahwa partai democrat sepertinya berada di atas angin. Factor “kebencian “kepada presiden Bush, menjadikan kandidat dari partai democrat yakni akan membuat sejarah baru dalam panggung politik amerika serikat. Secara umum peta kekuatan politik antara obama dan Clinton, dua kandidat yang masih saling bersaing dalam konvensi partai democrat di petakan sejumlah pakar dan analisis media.
Tentu saja tidak semua orang berharap kandidat demokrasi yang menang. Saat al-Hadithi, pakar politik dari Irak, ingin jagoan Republik kembali menguasai Gedung Putih. Mereka lebih menunjukan dukungan terhadap perkembangan politik dan upaya memerangi kelompok teroris di Irak. Orang-orang democrat, yerutama Hillary, menginginkan penarikan pasukan, tatapi tidak menawarkan alternatif. Penarikan pasukan saat kekuatan keamanan Irak masih lemah justru akan menimbulkan bencana.
8. Kebijakan AS di Timur Tengah
 Pada Januari 2008, saya melakukan perjalanan ke tanah suci. Ini perjalanan pertama saya. Sebuah tempat yang berbeda dengan tempat mana pun di muka bumi, sebuah tempat yang penuh dengan begitu banyak janji tentang kita bisa jadi apa sebagai sebuah masyarakat, sebuah tempat kita bisa belajar berada di dalam cahaya. Kekerasan dan kebencian serta sikap tidak toleran bisa memutarbalikan janji itu menjadi eruntuhan dan mengirim begitu banyak kehidupan keliang lahatnya di usia sangat muda.
6.Peran Lobi Yahudi
Apapun pendirian Barack Obama mengenai Negara-negara muslim, latar belakang keluarganya yang terkait dengan agama Islam, satu hal yang tidak bisa di abaikan oleh semua (calon) presiden amerika serikat, termasuk Obama, adalah peran kelompok warga yahudi di Negara adidaya terutama apa yang di sebut lobi Yahudi.
Lobi Yahudi adalah istilah yang di gunakan untuk menjelaskan pengaruh warga Yahudi yang terorganisasi dalam sejumlah bidang, termasuk politik, pemerintahan, kebijakan public, hubungan-hubungan internasional, bisnis, keuangan Internasional, media, perguruan tinggi dan budaya popular.
            Dalam kaitannya dengan amerika serikat, lobi yahudi kerap di pakai untuk menunjuk berbagai kelompok atau perorangan yang pro Israel.  Dalam konteks ini, Walter John Raymond mendefinisikan sebagai “satu konglomerasi yang terdiri dari kira-kira 34 organisasi politik yahudi di amerika serikat yang selalu berusaha melobi demi kepentingan mereka baik di amerika serikat maupun Israel.
            Lobi yahudi di amerika serikat sebenarnya bukan berita baru. Tapi public gempar ketika dua tahun lalu john J.Mearsheimer dari universitas Chicago dan Stephan m. walt dari universitas Harvard menerbitkan risalah mereka yang berjudul the  Israel lobby and US foreign policy, tentang dahsyatnya kekuatan loby yahudi di Negara adidaya itu.
Nah, bagaimana posisi obama terhadap loby yahudi?
Akhir januari 2008,  saat obama menjadi kandidat utama pertama yang memecahkan keheningan terhadap situasi gaza,dia mengkritik Israel,yang blokadenya terhadap populasi warga telah di kecam secara bulat oleh organisasi-organisasi hak azazi manusia. Dia juga tidak memintah penarikan mundur pasukan amerika dan sekutunya dari timur tengah. Obama malah mengirimkan surat untuk duta besar PBB Zalmay khalilzad dengan pesan yang menggema pesan yang sepantasnya dating dari situs wab American Israel public affair committee’s (AIPAC) “dewan keamanan PBB hendaknya secara jelas dan tegas mengutuk serangan rocket terhadap Israel ….jika hal itu tidak bisa… saya mendesak anda untuk memastikan bahwa hal ini tak di bicarakan sama sekali,” tulis obama yang menambaahkan bahwa Israel “terpaksa” melancarkan tembakan melewati perbatasan gaza
Surat ini mengejutkan bukan hanya  karena obama membedakan dirinya dari kandidat lainnya  (john  McCain kemudian mengirimkan surat serupa kepada Condoleezza Rice), tapi juga lantaran isinya sangat berbeda dengan seruan obama pada maret 2007 yang mengukapkan keprihatinanyang jarang disampaikan  seorang politikus amerika “tak ada yang lebih menderita di banding warga palestina” pada sebuah acara  gatring kecil dilowa. Apa yang terjadi dalam 10 bulan dari maret hingga januari menjadi bahan perbincangan menarik.
Terseret obama oleh lobu pro Israel sebenarnya mengikuti tradisi panjang kandidat dari partaai democrat yang menghadapi ujian mengenai isu konflik Israel palestina, Hillary Clinton pernah menikmati dukungan luas diantara para penyoong pro Israel pada 1999, ketika terjadi perdamaian antara dia dan mereka, setelah kontroversi yang melibatkan loby itu merugikan kampanyenya menuju kursi senat.
Menjelang super tusdey, 5 februari 2008, tatkala banyak warga yahudi democrat memberikan suaranya dinegara bagian seperti new York dan California, obama secara agresif menggalang mandat  pro israelnya,mengutus para pendukung yahudi untuk menambah dukungan dan mengadakan konferensi lewat telpon dan para reporter yahudi sebagian konferensi ini itu dilakukan untuk membahas email berantai yang menyebut obama sebagai seorang”muslimm yang menyamar” dia juga memanfaatkan waktu untuk menjelaskan bahwa Israel adalah sahabat.”saya ingin memastikan bahwa kita terus memperkuatikatan dengann teman-teman kita,”kata obama
Sejak semula obamaa memang selalu diawasi lebih cermat mengenai isu Israel dibandingkan dengan kandidat presiden lainnya, suatu yang paradoks karena dia memilki catataan pro Israel dan flatform kebijakan yang sama dengan kandidat lainnya. Kecurigaan tentang dukungann pro Israel bagi obama muncul di jerussalem post edisi 23 januari 2008 ketika Danny Avalon, mantan duta Israel untuk AS, menelpon sang calon presiden  karena “sedikit prihatin”. Sebuah memo dari seorang pejabat top di Amerika jewish committee (komite yahudi amerika) yang bocor ke jewish daily forward, dengan raapi menguraikan akar keprihatinan itu; pada akhir 1990-an obama di kabarkan meminta pendekatan yang adil terhadap konflik Israel-palestina: pastornya telah menguji loius farrakha,pemimpin organisasi of islam;dia memintah diplomasi dengan iran dan tentu saja dia pernah berfoto bersama dalam sebuah istirahat makan bersama bersama pemikir Amerika-palestina, Edward Said.
Banyak teori yang dikemukakan untuk menjelaskan bahwa obama selalu di awasi secara cermat mengenal isu Israel.”pertama dia kulit hitam dan umum nya di percaya bahwa kaum kulit hitam lebih memiliki simpati terhaadaap penduduk palestina” kata zaid asili presiden amerika Task force on palestina, sebuah kelompok yang mendukung berdirinya Negara palestina. M.J. Rosenberg dari Israel policy forum, sebuah kekompok advokasi yang mendukung perdamaian, konsilasi dan negoisasi mengamini asali segmen komunitaas yahudi adalah yang paling tidak nyaman dengan seorang presiden African-American,”kata asli obama masih muda dan mungkin terbuka bagi penafsiran baru terhaadap konflik Israel palestina dan ketiga namanya tengah husein, sehingga dia lebih dicurigai dibanding seorang john smith.
7.menentang perang dungu
Selain alas an obama berkulit(setengah) hitam dan memiliki latar belakang keluraga islam, dia terus menerus menjadi incaran lawan politik nya karena kritikanya yang keras dan konsisten mengenai sejumlah kebijakan pemerintahan AS dibawah presiden George W. bush salah satu sasaran kritik obama adalah perang irak.
Menurut justin raimondo, seorang penulis amerika dan editor situs antiwar.com dalam tulisanya yang berjudul  “the war party targets obama” dan di publikasikan pada 15 februari 2008, obama mengatakan hal yang sama berkali kali di berbagai tempat, mungkin kata-kata dan tempat yang sedikit berbeda tapi pesannya selalu sama ”mereka tak akan pernah membiarkan dia menjadi presiden” tulis raimondo.
Obama pernah mengatakaan demikian; “saya piker para pelajar itu keliru,saya pikir warga amerika sudah cukup memiliki para politikus yang berkata satu hal yang di kaukus dan berkata lain di pemilihan umum. Kalau daya terpilih menjadi kandidat  dari partai kita, pilihannya jelas. Lawan saya dari republic tak bisa mengatakan bahwa kaami berdua mendukung perang di irak. Dia tak akan bisa mengatakan bahwa kami benar benar setuju mengenai penggunaan perang di irak untuk mengesahkan aksi militer terhadap iran, atau tentang diplomasi tutup mulut dan pameran kekuatan senjata.dia tak akan bisa mengatakan bahwa saya tak pernah terbuka dan terus terang kepada warga amerika, atau bahwa saya telah mengubah posisi saya. Dan andaa tahu apa? Warga amerika menginkan pilihan itu, sebab saya yakin bahwa apa yang kita butuhkan adalah presiden kita berikutnya.               
“Kita yakin sudah cukup memiliki perang yang salah arah di irak perang yang harus di akhiri”   
Barrack obama mengatakan hal itu dalam pidato di desmoines, lowa,oktober 2007. Tapi dia mengualanginya dengan menambah tekanan ketika memulai kampanye. Kalimat terakhir itu selalu mendapat aplous riuh dan lama: hadirin berdiri dan bersorak. Obama mengatakan, perbedaan ideology antara dia dan Hillary sebenarnya tidak lah besar, terutama mengenai pertannyaan penting soal perang dan damai ini.
Namun Hillary pernah memberikan suara yang mendukung perang irak dan terus sepakat untuk siap perang dengan iran lebih banyak untuk memenangkan loby yahudi (AIPAC). Obama, sebaliknya, telah mengambil posisi anti perang yang jelas dan konsisten, tegas seperti yang diharapkan, sedangkan naluri anti perang Hillary yang tak tulus kemudian benar-benar tak tahu malu.
Inilah sebenarnya kemenangan solid obama dalam pemilihan pendahuluan, selain efek hipnotis pidatonya: berlawanan dengan kebijakan konvensional,pidatonya bukan sekedar  soal gaya,atau kata-kata basih yang dilakukan john McCain. Ini mengenai posisinya yang berseberangan dengan perang irak.obama membuat permohonan kepada partai democrat,”dan,ya, kepada kebanyakan orang republic diluar sana yang sipa mebuka halaman baru pada politik yang pecah dan kebijakan luar negri yang menggertak (liusterring) dating dari Washington.”
Kubu Hillary mati matian berupaya menghadapi hal ini dengann menilai sikap anti perang obama sebagai “dongeng” belaka dan mengatakan “ obama sendiri mungkin memahami bahwa isu ini lebih rumit dari pada kecamannya terhadap keputusan Hillary Clinton.
3. PERANAN BARACK OBAMA  DALAM DUNIA POLITIK DAN DARI NEGARA  AMERIKA SERIKAT          
1. Presiden AS Versi Jakarta
Meski pemilihan presiden amerika serikat (AS) belangsung bulan depan lagi,November 2008, barrack housein obama, 47 tahun, sudah “terpilih” sudah terpilih sebagai presiden AS versi Jakarta, sejak 6 februari 2008. Senator asal Illinois itu memang telak dengan 221 suara (69% dari  339 pemilih),mengalahkan pesainh terkuatmya, Hillary Rodham Clinton, 60 tahun.
Senator asal new York dan mantan ibu negara ini hanya meraih 95 suara (28%). Dua kandidat partai democrat itu bertengger di dua tangga teratas, mengungguli para kandidat asal partai republic: McCain (pahlawan perang Vietnam) hanya meraih 15 suara(4,4%), Mitt Romey (mantan gubernur Massachusetts) dengan 6 suara(1,7%) dan mike huckabee (mantan gubernur Arkansas) mendapat 2 suara (0,5).
Itu bukan hasil pemilu sungguhan. Tapi sekedar simulasi pemilihan presiden yang di gelar kedutaan besar AS di Jakarta,bersaman momentum “super Tuesday” (selasa akbar), awal februari 2008 pemilihannya,selain warga as di Jakarta, juga para mahasiswa Indonesia, pengamat, dan para pegiat lembaga swadaya masyarakat, kegiatan itu, kata dubes as di jakarta, Cameron Hume, untuk memperkenalkan mekanisme pemilihan presiden as pada public Indonesia.
Simulasi itu menunjukan bahwa populitas politik obama yang tengah berpendar-pendar di as juga berimbas ke Indonesian. Publiksai media yang susul menyusul bahwa obama pernah tingal di Indonesia, sekolah dasar di Jakarta, dan punya adik seibu beda ayah yang berbeda jawa,telah menambah ikatan emosional tersendiri terhadap public Indonesia.
Bagi masyarakat AS tsendiri. Obama adalah superstar politik baru yang menjajikan banyak perubahan dan harapan lebih baik,sosok muda, penuh charisma, orator yang memikat, dokto hukumm yang cerdas dari universitas papan atas, Harvard, penulis brilian,berasal dari kelas menengah bawah, berdarah lintas kurtural antara kulit hitam dan putih, dan berbgai karakter lainnya telah membentuk menjadi politisi yang penuh pesona.
Banyak orang dan kalangan memiliki relasi emisi sendiri dengan sosok obama.ayahnya yang berasal dari keluarga muslim Kenya ditambah nama tengahnya “Hussein” yang telah membentuk persepsi tetsendiri dikalangan masyarakat musllim. Paling tidak ada harapan, obama bisa membangun relasi yang lebih konstuktif dengan dunia islam.
2. PRESIDEN BARACK OBAMA?
AKANKAH barrack obama berhasil melalui momentum penting yang akan membawahnya memenangi nominasi partai democrat dan bahkan menjadi presiden baru amerikaka serikat?
Sampai pemilihan pendahuluan di Wisconsin dan Hawaii, selasa 19 februari 2008, barrack obama makin berada di depan dalam persaingannya dengan hillari Clinton untuk mewakili partai democrat bertarung dengan wakil kubu republic dalam pemilu presiden AS pada November 2008.
 Peluangnya untuk terus memimpin atas Hillary makin kuat sejalan dengan adanya dukungan yang dinyatakan keesokan harinya dari persatuan buruh untuk obama
Menurut lembaga jejak pendapat gallup, sejalan dengan kemenangannya dalam tiga kali terakhir pemungutan suara partai democrat, obama memimpin dengan 49% dukungan sementara Hillary mengumpulkan 43%. Poling yang dikeluarkan gallup hari selasa itu juga melaporkan bahwa obama mendapat dukungan dari kalangan perempuan,hispanik, serta simpatisan democrat yang sebelumnya justru mendukung Hillary Clinton.
Hillary memang mengalami kekalahan dari obama dalam 10 kali pemungutan secara berturut-turut sejak digelarnya “super Tuesday” 5 februari 2008. Namun, beberapa pengamat melihat bahwa senator asal new York yang juga mantan ibu Negara AS itu masih punya waktu untuk memenangi nominasi partai democrat untuk pemilihan presiden AS.
Jika Hillary terus mengalami kekalahan dalam mengumpulkan dukungan delegasi dari tingkat Negara bagian, salah satu peluang terbaiknya yntuk mendapatkan dukungan delegasi dalam jumlah besar adalah tingkat super delegasi,yang tediri dari 796 pejabat dan pemimpin partai democrat .
Barrack obama mengumpulkan hampir semua jumlah dukungan delegasi melalui kemenanganya atas Hillary di Negara bagian Wisconsin dan Hawaii pada 19 februari sehingga meningkatkan peluangnya untuk di tetapkan sebagai kandidat dri partai democrat dalam pemilu presiden AS 2008.
Di Wisconsin dan Hawaii,obama berhasil mengumpulkan 55 delegasi, sedangkan Hillary hanyaa mendapat 33 dukungan dengan demikian, obama memimpin dengan perolehan 1.336 delegasi, sementara Hillary baru mendapat 1.251 dukungan delegasi.
Obama atau Hillary harus dapat mengumpulkan dukungan 2.025 delegasi untuk dapat memenangi nominasi sebagai kandidat sebagai presiden dari partai democrat.
Di kubu republic, John McCain memenangi pemungutan suara di Negara bagian Wisconsin dan Washington, dan menjadikan perjalanan makin dekat untuk menjadi wakil republic dalam pemilu presiden AS pada November nanti. Secara keseluruhan, McCain telah mengumpulkan 942 delegasi, sedangkan saingan terdekatnya, yaitu mantan gubernur Arkansas Mike Huckabee, mendapat 245. Sebagai calon dari partai republic, pemenang nominasi adalah mereka yang dapat mengumpulkan  1,191 dukungan delegasi.      
Tak ada yang meragukan karisma obama. Dia orator luar biasa, dan gaya bicaranya di pengarui oleh para pendeta kulit hitam, seperti martin luther king, tapi pidatonya mengandung isi intelektual sekaligus retoris.
“jika gelombang dukungan terhadap obama terus berlanjut, dia akan melaju ke kursi presiden. Saya mungkin akan memilih John McCain dari partai republic karena bagi orang seusia saya, dia adalah senator muda yang menjanjikan, dan dia akan mampu mengalakan nyonya Clinton yang karismanya kurang, tapi dia tak akan mengalahkan senator obama jika memenangi nominasi partainya, “kata rees-mogg, yang kelahiran 14 juli  1928.
Obama sendiri, seraya mengakui bahwa keluarga dan teman temannya sangat peduli terhadap keselamatannya, membuat perbandingan yang kontras dengan Martin luther king. “dia tidak mempunyai perlindungan dari secret servis. Saya bahkan tidak bisa memahami seberapa besar keberanian yang di perlukan, dan lihat apa yang dilakukan,” kata obama pada acara televise.
Kalau di rangkum, kalangan yang optimis meramalkan bahwa obama tak akan di bunuh karena 10 alasan berikut ini:
1. amerika sudah berubah sejak 1960-an ketika martin luther king dan dua bersaudara kennedy tumbang oleh peluru. Tentu saja rasisme masih ada (seperti di berbagai tempat lain di planet ini), tapi obama berbuat sangat baik terhadap kelompok yang akan melakukan pembunuhan sejak Abraham Lincoln: lelaki kulit putih. “Barrack adalah halle berry di dunia poltik”. Waktu sudah berubah dan hubungan antar ras di AS menjadi contoh bagi Negara eropa dan kanada sehingga tragedy rasis makin terkikis oleh aturan mengenai hak-hak warga sipil.
2.gaya politik konsensual obama tak akan menciptakan iklim beracun yang mendukung pembunuhan.
3.o.j. simpson (mantan pemain amerikan football yang pernah mencoba mantan istrinya dan temannya. Jika ada orang afrika-amerika tang telah menimbulkan cukup “kebencian” yang memicu pelatuk senjata api, o.j-lah orangnya.
4.amerika bukan Pakistan, meskipun ada tokoh yang di benci (misalnya George bush) orang amerika tak lagi menembak pemimpin nasional untuk memecahkan perbedaan.
5.anggota secret service bukanlah orang-orang bodoh.
6.presiden terburuk amerika adalah George W, bush, masih hidup dan baik-baik saja.
7. satu pembunuhan akan membuat kerusuhan-kerusuhan di los Angeles tampak seperti pesta minum the.
8.Amerika benar-benar ingin berubah. Ada alas an mengapa orang-orang independen dan bahkan sejumlah pendukung partai republic berkumpul dan mendukung obama.
9.obama akan secara dramatis meningkatkan citra amerika di dunia dan karena itu mengurangi daftar musuh yang berkembang secara eksponensial di bawah rezim Bush/Cheney.
10.Di amerika, para selebriti sudah lama menjadi ras yang lebih penting.                                               












DAFTAR PUSTAKA
Rahman. Taufik, dkk. 2008. Obama Tentang Israel,Islam dan Amerika. Hikmah (Pt Mizan Publika) Jakarta.
Aksan, Hermawan. 2008. Jangan Bunuh Obama. Penerbit Mizan. Bandung.