animasi





tinggal ketik untuk mencari data

Jumat, 06 Desember 2013

Sejarah Hidup Nelson Mandela

       
Nelson Rolihlahla Mandela  (A Xhosa) ( 18 Juli 1918 - 5 Desember 2013 ) adalah seorang revolusioner anti - apartheid Afrika Selatan yang dipenjara serta politisi dan dermawan yang menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan 1994-1999. Dia adalah Afrika Selatan hitam pertama yang memegang kantor , dan pertama kali terpilih pada pemilihan sepenuhnya mewakili . Pemerintahannya terfokus pada pembongkaran warisan apartheid melalui menangani rasisme terlembaga , kemiskinan dan ketimpangan , dan mendorong rekonsiliasi rasial . Politik seorang nasionalis Afrika dan sosialis demokratis , ia menjabat sebagai Presiden Kongres Nasional Afrika ( ANC ) 1991-1997 . Secara internasional , Mandela adalah Sekretaris Jenderal Gerakan Non - Blok 1998-1999 .
A Xhosa lahir dari keluarga kerajaan Thembu , Mandela menghadiri Fort Kelinci University dan University of Witwatersrand , di mana ia belajar hukum . Tinggal di Johannesburg , ia menjadi terlibat dalam politik anti - kolonial , bergabung dengan ANC dan menjadi anggota pendiri dari Liga Pemuda nya . Setelah Partai Nasional Afrika Selatan berkuasa pada tahun 1948 , ia menjadi terkenal di ANC 1952 Defiance Kampanye , diangkat pengawas Transvaal bab organisasi dan memimpin 1955 Kongres Rakyat . Bekerja sebagai pengacara , ia berulang kali ditangkap karena kegiatan durhaka dan , dengan kepemimpinan ANC , telah berhasil dituntut di Pengadilan Pengkhianatan 1956-1961 . Meskipun pada awalnya berkomitmen untuk protes non - kekerasan , ia mendirikan militan Umkhonto we Sizwe ( MK ) pada tahun 1961 bekerja sama dengan Partai Komunis Afrika Selatan , memimpin kampanye sabotase terhadap pemerintah apartheid . Pada tahun 1962 ia ditangkap , dihukum karena konspirasi untuk menggulingkan pemerintah , dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup di Rivonia Trial.
Mandela 27 tahun di penjara , awalnya pada Robben Island , dan kemudian di Penjara Pollsmoor dan Victor Verster Prison . Sebuah kampanye internasional melobi untuk pembebasannya , yang diberikan pada tahun 1990 di tengah meningkatnya perselisihan sipil . Mandela menerbitkan otobiografinya dan membuka negosiasi dengan Presiden FW de Klerk untuk menghapuskan apartheid dan membangun pemilu multiras tahun 1994 , di mana ia memimpin ANC kemenangan . Sebagai presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan Mandela membentuk Pemerintah Persatuan Nasional dalam upaya untuk meredakan ketegangan rasial . Dia juga mengumumkan konstitusi baru dan membentuk Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi untuk menyelidiki pelanggaran hak asasi manusia di masa lalu . Melanjutkan kebijakan ekonomi liberal mantan pemerintah , pemerintahannya memperkenalkan langkah-langkah untuk mendorong reformasi tanah , memerangi kemiskinan , dan memperluas pelayanan kesehatan . Secara internasional , ia bertindak sebagai mediator antara Libya dan Inggris di Pan Am Penerbangan 103 pengeboman sidang , dan mengawasi intervensi militer di Lesotho . Dia menolak untuk mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua , dan digantikan oleh wakilnya , Thabo Mbeki . Mandela kemudian menjadi negarawan senior , fokus pada pekerjaan amal dalam memerangi kemiskinan dan HIV / AIDS melalui Nelson Mandela Foundation.
Meskipun Mandela adalah seorang tokoh kontroversial untuk sebagian besar hidupnya , ia menjadi sangat populer menyusul pembebasannya . Meskipun kritik yang terus mencela dia sebagai simpatisan komunis dan teroris , ia mendapatkan pengakuan internasional untuk aktivisme , setelah menerima lebih dari 250 penghargaan , termasuk Nobel Peace Prize 1993, Presiden AS Medal of Freedom , Orde Soviet Lenin , dan Bharat Ratna . Dia diadakan dalam hal jauh di dalam Afrika Selatan , di mana ia sering disebut dengan namanya Xhosa klan , Madiba , atau sebagai Tata ( " Bapa " ) , ia sering digambarkan sebagai " bapak bangsa " .

.........................
Childhood : 1918-1936
Mandela lahir pada 18 Juli 1918 di desa Mvezo di Umtatu , maka bagian dari Provinsi Cape Afrika Selatan . Mengingat nama kecil Rolihlahla , istilah Xhosa bahasa sehari-hari berarti " pengacau ", di tahun kemudian ia menjadi dikenal dengan nama marga , Madiba .patrilineal kakek buyutnya , Ngubengcuka , adalah pemimpin bangsa Thembu di Transkeian Territories modern provinsi Eastern Cape Afrika Selatan . Salah satu putra ini raja , bernama Mandela , menjadi Nelson kakek dan sumber nama keluarganya. Karena Mandela hanya raja anak oleh istri dari klan Ixhiba , yang disebut " Left - hand House " , keturunan cabang kadet tentang keluarga kerajaan yang morganatic. tidak memenuhi syarat untuk mewarisi tahta tetapi diakui sebagai anggota dewan kerajaan keturunan Meskipun demikian , ayahnya , Henry Gadla Mphakanyiswa , adalah seorang kepala daerah dan anggota dewan untuk raja , ia telah ditunjuk untuk posisi tahun 1915 , setelah pendahulunya dituduh korupsi oleh hakim putih yang mengatur. pada tahun 1926 , Gadla , juga dipecat karena korupsi , tapi Nelson akan diberitahu bahwa ia telah kehilangan pekerjaannya untuk berdiri untuk tuntutan tidak masuk akal hakim itu .sebuah pemuja dewa Qamata, Gadla adalah poligami , memiliki empat istri , empat putra dan sembilan putri , yang tinggal di desa-desa yang berbeda . Ibu Nelson adalah istri ketiga Gadla itu , Nosekeni Fanny , yang adalah putri dari Nkedama Hak Hand House dan anggota dari klan amaMpemvu dari Xhosa .
Kemudian menyatakan bahwa kehidupan awal didominasi oleh "kebiasaan , ritual dan tabu ", Mandela dibesarkan dengan dua saudara di kampung yg dipagari ibunya di desa Qunu , di mana ia cenderung ternak sebagai ternak - anak , menghabiskan banyak waktu di luar dengan anak-anak lain. Kedua orangtuanya yang buta huruf , tetapi menjadi seorang Kristen yang taat , ibunya mengirimnya ke sekolah Methodist lokal ketika ia sekitar tujuh . Dibaptis seorang Methodist , Mandela diberi nama kecil Inggris " Nelson " oleh gurunya .Ketika Mandela adalah sekitar sembilan , ayahnya datang untuk tinggal di Qunu , di mana ia meninggal karena penyakit yang tidak terdiagnosis yang Mandela diyakini penyakit paru-paru. Feeling " memotong terpaut " , ia kemudian mengatakan bahwa ia mewarisi ayahnya " pemberontakan bangga " dan " rasa keadilan keras kepala " .
Ibunya membawa Mandela ke " Tempat yang bagus " Istana di Mqhekezweni , di mana ia dipercayakan bawah perwalian Thembu Bupati , Kepala Jongintaba Dalindyebo . Meskipun ia tidak akan melihat ibunya lagi selama bertahun-tahun , Mandela merasa bahwa Jongintaba dan istrinya Noengland memperlakukannya sebagai anak mereka sendiri , membesarkannya bersama putra mereka Keadilan dan putri Nomafu.  Sebagai Mandela menghadiri layanan gereja setiap hari Minggu dengan wali nya , Kristen menjadi bagian penting dari hidupnya. Dia menghadiri sekolah misi Methodist terletak di sebelah istana , belajar bahasa Inggris , Xhosa , sejarah dan geografi Ia mengembangkan . cinta sejarah Afrika , mendengarkan cerita-cerita kepada oleh pengunjung lansia ke istana , dan menjadi dipengaruhi oleh retorika anti - imperialis Kepala Joyi. pada saat itu ia tetap dianggap sebagai penjajah Eropa sebagai dermawan , bukan penindas. Usia 16 , ia , Keadilan dan beberapa lainnya anak laki-laki pergi ke Tyhalarha untuk menjalani ritual sunat yang secara simbolis menandai transisi mereka dari anak laki-laki dengan laki-laki , ritual di atas , ia diberi nama " Dalibunga " .

..................
Clarkebury , Healdtown , dan Fort Kelinci : 1936-1940


Mandela , sekitar tahun 1937
Bermaksud untuk memperoleh keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang anggota dewan mengetahui rahasia untuk rumah kerajaan Thembu , Mandela mulai pendidikan menengah di Clarkebury Boarding Institute di Engcobo , lembaga gaya Barat yang merupakan sekolah terbesar untuk kulit hitam Afrika di Thembuland . Dibuat untuk bersosialisasi dengan siswa lain atas dasar kesetaraan , ia mengklaim bahwa ia kehilangan nya " terjebak " sikap , menjadi teman terbaik dengan seorang gadis untuk pertama kalinya ; . ia mulai bermain olahraga dan mengembangkan cinta seumur hidup dari berkebun Melengkapi Sertifikat SMP nya dalam dua tahun , pada tahun 1937 ia pindah ke Healdtown , perguruan tinggi Methodist di Fort Beaufort dihadiri oleh sebagian besar Thembu royalti , termasuk Justice . kepala sekolah menekankan superioritas budaya Inggris dan pemerintah , tetapi Mandela menjadi semakin tertarik pada native budaya Afrika , membuat teman non - Xhosa pertamanya , sebuah Sotho bahasa - speaker , dan datang di bawah pengaruh salah seorang guru favoritnya , seorang Xhosa yang melanggar tabu dengan menikahi seorang Sotho . Menghabiskan banyak waktu luangnya lama - lari jarak jauh dan tinju , di tahun kedua Mandela menjadi prefek . 
Dengan dukungan Jongintaba itu , Mandela mulai bekerja pada gelar Bachelor of Arts ( BA ) gelar di Universitas Fort Hare, lembaga hitam elite di Alice , Eastern Cape , dengan sekitar 150 siswa . Di sana ia belajar bahasa Inggris , antropologi , politik , administrasi asli , dan hukum Belanda Romawi di tahun pertama , menginginkan untuk menjadi seorang penerjemah atau petugas di Departemen Urusan Pribumi . Mandela tinggal di asrama Wesley House, berteman Oliver Tambo dan nya penebus sendiri , KD Matanzima . Melanjutkan minatnya dalam olahraga , Mandela mengambil dansa ballroom , dan dilakukan di sebuah drama masyarakat drama tentang Abraham Lincoln . Seorang anggota dari Asosiasi Mahasiswa Kristen , ia memberikan kelas Alkitab di masyarakat setempat , dan menjadi pendukung vokal dari upaya perang Inggris ketika perang Dunia II pecah. Meskipun memiliki teman-teman Koneksi ke Kongres Nasional Afrika ( ANC ) dan gerakan anti - imperialis , Mandela menghindari keterlibatan apapun.  Membantu menemukan tahun pertama siswa House Committee yang menantang dominasi - tahun kedua,  pada akhir tahun pertamanya ia menjadi terlibat dalam siswa Dewan Perwakilan ( SRC ) boikot terhadap kualitas makanan , untuk itu ia sementara diskors dari universitas; . ia meninggalkan tanpa menerima gelar.

Tiba di Johannesburg : 1941-1943
       Kembali ke Mqhekezweni pada bulan Desember 1940, Mandela menemukan bahwa Jongintaba telah mengatur pernikahan baginya dan Keadilan, kecewa, mereka melarikan diri ke Johannesburg via Queenstown , tiba pada April 1941 Mandela menemukan pekerjaan sebagai penjaga malam di Crown Mines , nya " pertama. pandangan kapitalisme Afrika Selatan dalam aksi " , tapi dipecat ketika Induna ( lurah ) menemukan dia adalah pelarian. Tinggal dengan sepupu di George Goch Township , Mandela diperkenalkan ke makelar dan ANC aktivis Walter Sisulu , yang dijamin dia pekerjaan sebagai petugas articled di firma hukum Witkin , Sidelsky dan Eidelman . Perusahaan ini dijalankan oleh seorang Yahudi liberal , Lazar Sidelsky , yang bersimpati pada tujuan ANC . Pada perusahaan , Mandela berteman Gaur Redebe , anggota Xhosa dari ANC dan Partai Komunis , serta Nat Bregman , seorang Yahudi komunis yang menjadi teman pertama putihnya . Menghadiri pembicaraan komunis dan partai , Mandela terkesan bahwa orang Eropa , Afrika , India dan Coloureds mencampur sederajat . Namun, ia menyatakan kemudian bahwa ia tidak bergabung dengan Partai karena ateisme yang bertentangan dengan iman Kristen , dan karena ia melihat perjuangan Afrika Selatan sebagai yang rasial berbasis daripada perang kelas . Menjadi semakin dipolitisasi , pada Agustus 1943 Mandela berbaris dalam mendukung bus boikot sukses untuk membalikkan kenaikan tarif. Melanjutkan pendidikan tinggi , Mandela mendaftar ke University of South Africa kursus korespondensi , bekerja pada gelar sarjana di malam hari .
Dengan upah kecil , Mandela menyewa sebuah kamar di rumah keluarga Xhoma di kota Alexandra , meskipun penuh dengan kemiskinan , kejahatan dan polusi , Alexandra selalu tetap " tempat yang berharga " baginya Meskipun malu dengan kemiskinannya, . . ia sempat didekati seorang wanita Swazi sebelum berhasil pacaran putri pemilik nya Dalam rangka untuk menghemat uang dan menjadi lebih dekat ke pusat kota Johannesburg , Mandela pindah ke kompleks Witwatersrand Association asli Buruh , hidup di antara penambang dari berbagai suku , seperti senyawa adalah " stasiun jalan untuk mengunjungi kepala " , ia pernah bertemu dengan Ratu Bupati Basutoland. pada akhir 1941, Jongintaba dikunjungi, memaafkan Mandela untuk melarikan diri . Saat kembali ke Thembuland , bupati meninggal di musim dingin 1942; Mandela dan Keadilan tiba hari terlambat untuk pemakaman Setelah melewati ujian BA di awal tahun 1943 , Mandela kembali ke Johannesburg untuk mengikuti jalan politik sebagai pengacara daripada menjadi . seorang anggota dewan mengetahui rahasia di Thembuland. ia kemudian menyatakan bahwa ia tidak mengalami pencerahan , tetapi bahwa ia " hanya menemukan diri saya melakukan hal itu , dan tidak bisa melakukan sebaliknya . 

aktivitas revolusioner
Studi Hukum dan Liga Pemuda ANC : 1943-1949
Mulai studi hukum di Universitas Witwatersrand , Mandela adalah satu-satunya mahasiswa asli Afrika , dan meskipun menghadapi rasisme , ia berteman dengan sejumlah mahasiswa liberal dan komunis Eropa , Yahudi , dan India, di antaranya Joe Slovo , Harry Schwarz dan Ruth Pertama . Bergabung dengan ANC , Mandela semakin dipengaruhi oleh Sisulu , menghabiskan banyak waktu dengan para aktivis lainnya di Orlando rumah Sisulu , termasuk teman lama Oliver Tambo. pada tahun 1943 , Mandela bertemu Anton Lembede, seorang nasionalis Afrika virulently lawan ras bersatu depan melawan kolonialisme dan imperialisme atau aliansi dengan kaum komunis. Meskipun persahabatan dengan non - kulit hitam dan komunis , Mandela didukung Lembede pandangan , percaya bahwa kulit hitam Afrika harus sepenuhnya independen dalam perjuangan mereka untuk politik penentuan nasib sendiri. Menentukan kebutuhan untuk sayap pemuda untuk memobilisasi massa Afrika bertentangan dengan penaklukan mereka , Mandela berada di antara delegasi yang mendekati ANC Presiden Alfred Bitini Xuma pada subjek di rumahnya di Sophiatown , Kongres Nasional Afrika Liga Pemuda ( ANCYL ) adalah didirikan pada hari Minggu Paskah 1944 di Bantu Pria Pusat Sosial di Eloff Street, dengan Lembede sebagai Presiden dan Mandela sebagai anggota komite eksekutif .
Di rumah itu Sisulu, Mandela bertemu Evelyn Mase , seorang aktivis ANC dari Engcobo, Transkei , yang berlatih di waktu untuk menjadi perawat. Menikah pada 5 Oktober 1944 , setelah awalnya tinggal bersama kerabatnya , mereka menyewa House no . 8115 di Orlando sejak awal 1946 Anak pertama mereka , Madiba " Thembi ". Thembekile , lahir pada bulan Februari tahun 1946, sementara putri bernama Makaziwe lahir pada tahun 1947 , meninggal sembilan bulan kemudian meningitis Mandela menikmati kehidupan rumah . , menyambut ibunya dan adik Leabie untuk tinggal bersamanya. pada awal tahun 1947, tiga tahun dari artikel berakhir di Witkin , Sidelsky dan Eidelman , dan ia memutuskan untuk menjadi mahasiswa penuh waktu , hidup dari pinjaman dari Bantu Kesejahteraan trust.
Pada bulan Juli tahun 1947, Mandela dilarikan ke rumah sakit Lembede , di mana ia meninggal , ia digantikan sebagai presiden ANCYL oleh lebih moderat Peter MDA , yang setuju untuk bekerja sama dengan komunis dan non - kulit hitam , menunjuk Mandela sekretaris ANCYL Mandela tidak setuju . dengan pendekatan MDA itu , pada Desember 1947 mendukung ukuran gagal untuk mengusir komunis dari ANCYL , mengingat ideologi mereka un - Afrika . pada tahun 1947 , Mandela terpilih menjadi anggota komite eksekutif dari Transvaal ANC , melayani di bawah presiden regional CS Ramohanoe . Ketika Ramohanoe bertindak melawan keinginan Komite Eksekutif Transvaal dengan bekerja sama dengan India dan komunis , Mandela adalah salah satu dari orang-orang yang dipaksa mengundurkan diri .
Dalam pemilihan umum Afrika Selatan , 1948 , di mana hanya orang kulit putih yang diizinkan untuk memilih, Herenigde Nasionale Partai Afrikaner - didominasi bawah Daniel François Malan mengambil alih kekuasaan , segera bersatu dengan Partai Afrikaner untuk membentuk Partai Nasional . Secara terbuka rasialis , partai dikodifikasikan dan diperluas segregasi rasial dengan undang-undang apartheid baru. Mendapatkan meningkatkan pengaruh di ANC , Mandela dan kader-kadernya mulai menganjurkan tindakan langsung terhadap apartheid , seperti boikot dan mogok , dipengaruhi oleh taktik Afrika Selatan masyarakat India . Xuma tidak mendukung langkah-langkah ini dan telah dihapus dari kursi kepresidenan dalam mosi tidak percaya , digantikan oleh James Moroka dan kabinet yang lebih militan mengandung Sisulu , MDA , Tambo dan Godfrey Pitje , Mandela kemudian terkait bahwa "Kami sekarang telah dipandu ANC ke . jalur yang lebih radikal dan revolusioner "  Setelah mengabdikan waktunya untuk politik , Mandela gagal akhir tahun di Witwatersrand tiga kali , ia akhirnya ditolak gelar pada bulan Desember 1949.


Defiance Kampanye dan Transvaal ANC Presidency : 1950-1954
Bendera tiga warna dari Kongres Nasional Afrika
Mandela berlangsung Xuma di Eksekutif Nasional ANC Maret 1950 . Bulan itu, Mempertahankan Free Speech Konvensi diadakan di Johannesburg , menyatukan Afrika , India dan aktivis komunis untuk memanggil pemogokan umum anti - apartheid . Mandela menentang pemogokan karena tidak ANC yang dipimpin , tapi mayoritas pekerja kulit hitam mengambil bagian , mengakibatkan peningkatan represi polisi dan pengenalan Pemberantasan Komunisme Act , 1950, mempengaruhi tindakan dari semua kelompok protes . Dalam 1950 , Mandela terpilih sebagai presiden nasional ANCYL ; . pada konferensi nasional ANC Desember 1951, ia terus berdebat melawan sebuah front bersatu ras , tetapi kalah suara Sejak saat itu, ia mengubah seluruh perspektif , merangkul pendekatan semacam itu ; dipengaruhi oleh teman-teman seperti Musa Kotane dan dengan dukungan Uni Soviet untuk perang kemerdekaan , ketidakpercayaan Mandela komunisme juga rusak . Ia menjadi dipengaruhi oleh teks-teks Karl Marx , Friedrich Engels , Lenin Vladimir , Joseph Stalin dan Mao Zedong , dan memeluk materialisme dialektik . Pada bulan April 1952, Mandela mulai bekerja di HM Basner firma hukum , meskipun komitmennya meningkat untuk bekerja dan aktivisme berarti ia menghabiskan lebih sedikit waktu dengan keluarganya .
Pada tahun 1952 , ANC mulai persiapan untuk Kampanye Defiance bersama melawan apartheid dengan kelompok-kelompok Indian dan komunis , mendirikan sebuah Dewan Sukarela Nasional untuk merekrut relawan . Menentukan jalur perlawanan tanpa kekerasan dipengaruhi oleh Mahatma Gandhi , beberapa menganggap pilihan etis , tetapi Mandela malah dianggap pragmatis . Pada reli Durban pada 22 Juni lalu, Mandela ditujukan kerumunan berkumpul 10.000 , memulai kampanye protes. yang ia ditangkap dan secara singkat magang di penjara Marshall Square, dengan protes lebih lanjut , keanggotaan ANC meningkat dari 20.000 menjadi 100.000 , pemerintah menanggapi dengan penangkapan massal , memperkenalkan Keselamatan Publik Act, 1953 untuk memungkinkan darurat militer. Pada bulan Mei , pihak berwenang melarang Transvaal ANU Presiden JB Marks dari membuat penampilan publik , tidak mampu mempertahankan posisinya , ia direkomendasikan Mandela sebagai penggantinya. Meskipun kelompok ultra- Africanist Bafabegiya menentang pencalonannya , Mandela terpilih sebagai presiden regional di bulan Oktober Pada tanggal 30 Juli 1952, Mandela ditangkap di bawah Undang-Undang Pemberantasan Komunisme dan diadili sebagai bagian dari 21 terdakwa - di antara mereka Moroka , Sisulu dan Dadoo - di Johannesburg . Ditemukan bersalah dari " komunisme hukum " , hukuman mereka kerja keras sembilan bulan diskors selama dua tahun . Pada bulan Desember , Mandela diberi larangan enam bulan untuk menghadiri pertemuan atau berbicara dengan lebih dari satu orang pada satu waktu , membuat kepresidenannya Transvaal ANU praktis . Sementara itu Kampanye Defiance mereda Pada bulan September 1953, Andrew Kunene membacakan Mandela " No Easy Walk to Freedom " pidato pada pertemuan Transvaal ANC ; . Judul diambil dari kutipan oleh pemimpin kemerdekaan India Jawaharlal Nehru , pengaruh mani pada pemikiran Mandela . Pidato ditata rencana kontingensi untuk skenario di mana ANC dilarang . Rencana Mandela ini , atau M -Plan , yang terlibat membagi organisasi menjadi struktur sel dengan kepemimpinan yang lebih terpusat . 
Mandela memperoleh pekerjaan sebagai pengacara untuk perusahaan Terblanche dan Briggish , sebelum pindah ke liberal - run Helman dan Michel , lulus ujian kualifikasi untuk menjadi pengacara penuh. Pada bulan Agustus 1953, Mandela dan Oliver Tambo membuka hukum mereka sendiri perusahaan , Mandela dan Tambo , yang beroperasi di pusat kota Johannesburg . Satu-satunya firma hukum Afrika -lari di negara ini , itu populer dengan orang kulit hitam dirugikan , sering berurusan dengan kasus-kasus kebrutalan polisi . Disukai oleh pemerintah , perusahaan dipaksa untuk pindah ke lokasi yang jauh setelah izin kantor mereka telah dihapus di bawah Group Areas Act , sebagai akibatnya , adat mereka menyusut Meskipun putri kedua , Makaziwe Phumia , lahir pada bulan Mei. 1954 , hubungan Mandela dengan Evelyn menjadi tegang , dan dia menuduhnya berzinah . Bukti telah muncul yang menunjukkan bahwa ia berselingkuh dengan anggota ANC Lillian Ngoyi dan sekretaris Ruth Mompati ; klaim gigih tapi terbukti menegaskan bahwa lubang kedua Mandela anak . Muak dengan perilaku anaknya , Nosekeni kembali ke Transkei , sementara Evelyn memeluk Saksi-Saksi Yehuwa dan menolak obsesi Mandela dengan politik .


Kongres Rakyat dan Pengkhianatan Trial: 1955-1961
" Kami , rakyat Afrika Selatan , menyatakan untuk semua negara kita dan dunia untuk mengetahui :
Bahwa Afrika Selatan adalah milik semua orang yang hidup di dalamnya , hitam dan putih , dan bahwa tidak ada pemerintah adil dapat mengklaim otoritas kecuali didasarkan pada kehendak rakyat . "
- Pembukaan Piagam Kebebasan
Mandela datang ke pendapat bahwa ANC "tidak memiliki alternatif untuk perlawanan bersenjata dan kekerasan " setelah mengambil bagian dalam protes gagal untuk mencegah pembongkaran hitam-hitam Sophiatown pinggiran Johannesburg pada bulan Februari 1955. Dia menyarankan Sisulu untuk meminta persenjataan dari Republik Rakyat Cina, tetapi sementara mendukung perjuangan anti - apartheid , pemerintah China diyakini gerakan kurang siap untuk perang gerilya . dengan keterlibatan Afrika Selatan Indian Congress , Kongres Coloured Rakyat , Kongres Afrika Selatan Serikat Buruh dan Kongres Demokrat , ANC merencanakan Kongres Rakyat , menyerukan kepada semua warga Afrika Selatan untuk mengirimkan proposal untuk era pasca - apartheid . Berdasarkan tanggapan , Kebebasan Charter dirancang oleh Rusty Bernstein , menyerukan pembentukan yang demokratis , negara non - rasialis dengan nasionalisasi industri besar . Ketika piagam diadopsi pada konferensi Juni 1955 di Kliptown dihadiri oleh 3000 delegasi , polisi menindak acara tersebut , tetapi tetap menjadi bagian penting dari ideologi Mandela .
Setelah berakhirnya larangan kedua pada bulan September 1955, Mandela pergi berlibur bekerja untuk Transkei untuk membahas implikasi dari Bantu Otoritas Act 1951 dengan para pemimpin suku setempat , juga mengunjungi ibunya dan Noengland sebelum melanjutkan ke Cape Town. pada bulan Maret 1956 ia menerima larangan ketiga pada penampilan publik , membatasi dia untuk Johannesburg selama lima tahun , tapi ia sering menantang itu . pernikahannya rusak sebagai Evelyn meninggalkan Mandela , mengambil anak-anak mereka untuk tinggal bersama kakaknya . Memulai proses perceraian Mei 1956 , dia mengklaim bahwa Mandela telah menyiksanya secara fisik , ia membantah tuduhan tersebut , dan berjuang untuk hak asuh anak-anak mereka . Dia menarik permohonannya pemisahan pada bulan November , tetapi Mandela mengajukan gugatan cerai pada bulan Januari 1958; . Perceraian diselesaikan pada bulan Maret, dengan anak-anak ditempatkan dalam perawatan Evelyn Selama proses perceraian , ia mulai pacaran dan mempolitisir pekerja sosial , Winnie Madikizela , siapa dia menikah di Bizana pada tanggal 14 Juni 1958. Dia kemudian menjadi terlibat dalam kegiatan ANC , menghabiskan beberapa minggu dipenjara .


Sistem apartheid merasuki semua bidang kehidupan .
Pada tanggal 5 Desember 1956, Mandela ditangkap bersama sebagian besar ANC Eksekutif untuk " pengkhianatan tingkat tinggi " terhadap negara . Ditahan di Penjara Johannesburg di tengah protes massa , mereka menjalani pemeriksaan persiapan di Bor Hall pada 19 Desember, sebelum diberikan jaminan. sanggahan Pertahanan mulai tanggal 9 Januari 1957, diawasi oleh pengacara Vernon Berrangé , dan berlanjut sampai menangguhkan bulan September . Pada bulan Januari 1958, hakim Oswald Pirow ditunjuk untuk kasus ini , dan pada bulan Februari ia memutuskan bahwa ada " alasan yang cukup " bagi terdakwa untuk diadili di Mahkamah Agung Transvaal . The resmi Pengkhianatan Percobaan dimulai di Pretoria pada bulan Agustus 1958, dengan terdakwa berhasil menerapkan untuk memiliki tiga hakim - semua terkait dengan Partai Nasional yang mengatur - diganti . Pada bulan Agustus , satu tuduhan dijatuhkan , dan pada bulan Oktober penuntutan menarik dakwaan , mengirimkan versi dirumuskan pada bulan November yang berpendapat bahwa kepemimpinan ANC melakukan pengkhianatan tinggi dengan menganjurkan revolusi kekerasan , muatan terdakwa ditolak. 
Pada bulan April 1959, Africanists militan puas dengan pendekatan front persatuan ANC mendirikan Kongres Pan - Afrika ( PAC ) ; . Teman Mandela Robert Sobukwe terpilih sebagai presiden , meskipun Mandela berpikir kelompok " belum matang " Kedua belah pihak berkampanye untuk anti lulus kampanye Mei 1960 , di mana Afrika membakar melewati bahwa mereka secara hukum diwajibkan untuk dibawa. Salah satu demonstrasi PAC - terorganisir ditembaki oleh polisi , yang mengakibatkan kematian 69 pengunjuk rasa dalam pembantaian Sharpeville . Dalam solidaritas , Mandela umum dibakar lulus sebagai kerusuhan pecah di seluruh Afrika Selatan , memimpin pemerintah untuk menyatakan darurat militer. Di bawah Negara langkah-langkah darurat , Mandela dan aktivis lainnya ditangkap pada tanggal 30 Maret , dipenjarakan tanpa biaya dalam tidak sehat kondisi Pretoria penjara lokal, sedangkan ANC dan PAC dilarang pada bulan April. hal ini membuat sulit bagi pengacara mereka untuk menjangkau mereka , dan disepakati bahwa tim pembela untuk Pengkhianatan Pengadilan harus mundur sebagai protes . Mewakili diri di pengadilan , terdakwa dibebaskan dari penjara ketika keadaan darurat dicabut pada akhir Agustus. Mandela menggunakan waktu luangnya untuk menyelenggarakan Afrika Konferensi All -In di dekat Pietermaritzburg , Natal , pada bulan Maret, di mana 1.400 anti - apartheid delegasi bertemu , menyepakati tinggal di rumah - protes untuk menandai 31 Mei , hari Afrika Selatan menjadi republik. pada 29 Maret 1961 , setelah sidang enam tahun , para hakim menghasilkan putusan tidak bersalah , mempermalukan pemerintah.