Pembangunan
jalur kereta api ini diawali impian Cecil Rhodes seorang pengusaha Inggris,
pengusaha pertambangan, dan politikus di Afrika Selatan. Rhodes bernama ketua
De Beers di pendirian perusahaan pada tahun 1888. Inggris memegang sebagian
besar Tengah dan Afrika Selatan, dan jika bukan karena Cecil Rhodes J. Inggris
pada daerah tidak akan menjadi kuat seperti itu. Rhodes menjadi
"Empire Builder" dari Afrika Selatan. Kereta Api peringkat tinggi
dalam visi Cecil Rhodes 'untuk membuka dan mengembangkan interior benua Afrika. Setelah
sukses di Kimberly dengan tambang berlian, perhatiannya beralih ke ekspansi ke
utara. Mimpi Rhodes 'dari Cape-to-Kairo kereta api selalu di pikirannya,
bersama dengan keinginannya untuk menghubungkan Afrika dengan Eropa, dan untuk
menghubungkan pelabuhan di sepanjang pantai barat dan timur dengan interior. Dia
tahu bahwa kereta api adalah satu-satunya cara untuk mengembangkan rute
perdagangan ke pedalaman. Rhodes menerima Royal Charter menggabungkan
Inggrisnya Selatan Perusahaan Afrika (Perusahaan Chartered) pada tanggal
29,1889. Garis kereta api adalah untuk menjadi warisan terbesar tunggal
dari Perusahaan Chartered ke Afrika Tengah. The British South Africa
Company (BSAC), dalam waktu empat hari setelah menerima piagam, memulai
pembangunan rel jalur utara dari Kimberly, dengan tujuan akhirnya menjadi
Vryburg, 126 mil jauhnya di dalam British Bechuanaland. Dalam waktu kurang
dari setahun garis selesai.The Railway Pemerintah Cape telah mencapai Kimberly
pada tahun 1885, sebagai perpanjangan dari garis Town-ke-De Cape Aar. Hal
ini telah dilakukan di Rhodes mendesak 'dan dengan tekanan lebih lanjut dari
dia, karena organisasi baru-baru ini Perusahaan Afrika Selatan British untuk
mengembangkan Bechuanaland, Matabeleland, dan Mashonaland ke utara, jalur ini
diperpanjang pada tahun 1889 ke Inggris Bechuanaland. Konstruksi mencapai
Vryburg, kemudian berada di dalam Bechuanaland, pada bulan Desember 1890.BSAC
membangun garis dan itu dibeli oleh Pemerintah Kereta Api Tanjung setelah
selesai.Rhodes mendorong kereta api keluar dari Afrika Selatan, dari Kimberly,
menjadi Rhodesia dalam upaya untuk segel baik kehadiran Inggris / putih dan
untuk memulai pembangunan ekonomi di wilayah tersebut. Baris ini selesai
pada tahun 1897 ke Bulawayo. Pada tahun 1903 jalur rel didorong lebih jauh
ke utara, menyeberangi Sungai Zambesi di Victoria Falls, dan ke Broken Hill di
apa yang menjadi Rhodesia Utara, sekarang Zambia. Namun kemudian, pada
tahun 1909, dengan perjanjian antara Belgia dan Inggris, jalur ini diselesaikan
ke Sabuk Tembaga. Sumber daya tembaga dari daerah ini dikembangkan mulai
pada akhir tahun 1920 dan segera menjadi titik lalu lintas yang paling penting
untuk menghasilkan Railways Rhodesia 'rute ke selatan, dengan tembaga dan
mineral lainnya akan keluar, dan bahan pembantu dan bahan bakar, sebagian besar
batubara dari Wankie , datang masukBeira RailwayUntuk menempati wilayah
tanah yang disisihkan untuk dia di Royal Charter nya, Rhodes mengadakan
kuasi-militer "Kolom Pioneer" untuk menempa ke Mashonaland.Gaya ini
mencapai apa yang sekarang wilayah sekitar Salisbury (Harare) pada bulan
September 1890. Dalam beberapa tahun pola pemukiman telah mencapai tingkat
yang para pemukim itu sendiri menuntut jaringan transportasi yang
handal.Sebagai solusi parsial untuk masalah transportasi, Kereta Api Beira
dibentuk, di London, pada tanggal 12 Juli,, 1892 untuk membangun rel kereta api
dari desa pesisir Portugis Beira, di seluruh wilayah Portugis, dan ke
Mashonaland. Diputuskan untuk membangun garis menggunakan 2 mengukur kaki
karena biaya ini mengukur ini lebih murah konstruksi. Pekerjaan dimulai
pada 75 mil awal rute pada bulan September 1892. Pada Juni 1894 bekerja
juga dimulai di ujung barat dari garis, di "Peg 75 mil", memiliki dua
konstruksi kru saling bertemu di tengah, pertemuan ini dilakukan di Chimoio,
dengan selesainya ini tujuh puluh lima mil peregangan pada bulan November
1894. Sayangnya, karena masalah keuangan, ini akan menjadi terminal dari
baris untuk dua tahun ke depan.Niat aslinya adalah untuk membangun pelabuhan
baru di Fontesvilla di Sungai Pugwe. Namun ia segera menemukan bahwa
daerah sekitarnya lokasi ini penuh dengan demam dan memutuskan untuk merelokasi
pelabuhan baru di muara sungai di Beira. Pada tahun 1895 yang Beira
Junction Railway dibentuk oleh kepentingan baik BSAC dan Portugis untuk
memperpanjang garis dari Fontesvilla tiga puluh lima mil menyusuri sungai untuk
Beira. Ekstensi ini selesai pada bulan Oktober 1896.Pada 1.898 awal
pembangunan Kereta Api Beira telah kembali dan pada bulan Februari jalur ini
selesai untuk Umtali, layanan angkutan reguler pertama dimulai pada 16
Februari. Setelah selesai untuk Umtali, Kereta Api Beira telah disewa
untuk operasi untuk Pauling & Co, konstruktor nya.Pembangunan jalur telah
menutupi 222 mil antara Beira dan Umtali.Pertanyaan mengukur track segera
muncul. Para perencana di London merasa bahwa koloni seharusnya tidak
memiliki standar (4'8-1/2 ") jalur ukur. Jadi ketika jalur rel dibangun ke
Afrika Selatan pedalaman, ke Kimberly, melalui Bechuanaland dan ke Bulawayo
pada tahun 1897, itu dibangun dengan menggunakan 3'6 "gauge.Indeks
ini telah dipilih sebagai "standar" untuk kereta api yang akan
dibangun di Afrika, sehingga ketika Kereta Api Mashonaland selesai dari Umtali
ke Salisbury Mei 1899 itu diperlukan untuk memiliki titik transfer di Umtali
untuk transfer barangdari "mobil 3'6 mengukur untuk mobil mengukur 2 '.
Sebagai akal sehat akan memberitahu Anda segera menjadi jelas bahwa ini jenis
operasi hanya tidak akan bekerja. Diputuskan untuk kembali mengukur seluruh
Beira Railway kestandar 3'6 "gauge dan pekerjaan ini dimulai pada Umtali
pada akhir musim panas 1899. Pada bulan November tahun itu pekerjaan
konversi telah mencapai titik sekitar empat puluh km sebelah timur dari Umtali. The
re-pengukuran dari sisa jalur ini diselesaikan ke pelabuhan Beira pada bulan
Agustus 1900 dan diserahkan kepada Kereta Api Mashonaland untuk operasi. Pada
pagi hari tanggal 1 Agustus kereta perdana untuk garis baru kembali diukur
dikukus ke Beira dari Umtali. Enam puluh mil terakhir dari mengukur 2
'telah diubah oleh kekuatan besar pria spasi sepanjang trek selama empat hari
sebelumnya.Sebagai catatan, jembatan kayu dari seluruh baris juga dibangun
kembali menggunakan baja karena mereka tidak cukup kuat dan tidak cukup lebar
untuk baris baru 3'6 "gauge.Antara Maret dan Juli 1900, karena Perang
Anglo-Boer dari 1.899-1.902, 2 gabungan 'dan 3'6 "sistem pengukur
digunakan untuk mengangkut pasukan Carrington ke dalam Highveldt tersebut. Ini
kekuatan militer terdiri dari 5.000 laki-laki, 10.000 kuda, dan 14.000 ton
dari toko militer, senjata dan amunisi. Pasukan Inggris, Kanada, dan Australia
gabungan, yang dipimpin oleh Jenderal Carrington, terikat untuk Marandellas
untuk membawa perang ke wilayah Transvaal di Afrika Selatan.Sebagai bagian dari
perjanjian antara pemerintah Portugis dan Inggris Selatan Perusahaan Afrika,
dan kepentingannya, untuk pembangunan dan pengoperasian Kereta Api Beira,
pemerintah Portugis mempertahankan haknya untuk membeli seluruh baris pada
beberapa waktu di masa depan. Pada tahun 1949 ia melaksanakan hak ini dan
membeli garis dari Rhodesia Railways, sesaat sebelum bahwa perusahaan itu
sendiri yang dibeli oleh pemerintah Rhodesia Selatan. Pembelian tersebut
selesai pada tanggal 6 April 1949 dengan masa transisi, pelatihan bagi
karyawan, yang berlangsung hingga 1 Oktober. Pada saat itu aliansi panjang
antara Beira Kereta Api dan Kereta Api Rhodesia berakhir. Jalur ini saat
ini dioperasikan sebagai Divisi Beira Mozambik Harbours, Kereta Api dan
Transportasi.Mashonaland Kereta ApiPerusahaan ini diselenggarakan di April 1897
untuk membangun jalur rel antara Salisbury dan Kereta Api di Beira Umtali. Pekerjaan
dimulai pada Januari 1898 di Umtali menggunakan materi yang dikirimkan selama 2
'mengukur Beira Kereta Api dari Beira. Tracklaying selesai ke Salisbury
bulan Mei 1899. Setelah selesai garis diserahkan kepada Pauling & Co
untuk operasi, mereka melakukannya di samping operasi mereka dari Kereta Api
Beira menghubungkan.Mungkin fakta bahwa satu perusahaan yang mengoperasikan
kereta api yang baik gauge-istirahat di Umtali dilakukan jauh dengan dan Kereta
Api Beira diubah menjadi alat ukur "Afrika Selatan standar" dari 3'6 ".
Pauling & Co dioperasikandua baris sebagai Mashonaland gabungan dan Beira
Railway (MBR). Karena konversi mengukur pada tahun 1900, panjang garis dari
Beira ke Salisbury dipersingkat dari 374 mil ke 356 mil.Jalur mengukur A 2
'dibangun (menggunakan kedua tangan bahan dan peralatan dari Beira Railway)
antara Salisbury dan Tambang Emas Ayrshire oleh Tambang Emas Aryshire dan
Lomgunda Kereta Api. Itu dimulai pada tahun 1902 awal dan selesai pada
bulan Agustus tahun yang sama. Jalur ini dibangun oleh Pauling & Co
dan dioperasikan dengan peralatan tangan kedua dari Kereta Api Beira.Pada 1908
bijih emas di tambang Ayrshire hanya tentang pergi dan garis antara BANKET dan
Ayrshire jatuh ke dalam tidak digunakan. Tambang emas lainnya telah dibuka
di wilayah Lomagunda, cukup untuk mendukung garis dari Salisbury dan BANKET. Tambahan
tambang dikembangkan di daerah dan mereka menghasilkan lalu lintas yang cukup
untuk membenarkan pembangunan 3'6 "garis ukur untuk Shamva dan konversi
dari garis Salisbury-BANKET mengukur 2 'ke" "3'6" standar. Dengan
Juni 1913 semua pekerjaan ini selesai sehingga semua layanan kereta api utara
dari Salisbury modern dan mampu menangani kebutuhan sekarang dan masa depan,
termasuk pembangunan pertanian tumbuh daerah.Bechuanaland Railway (Kereta Api
kemudian Rhodesia)Pada tahun 1885 setelah Perkeretaapian Pemerintah Cape telah
mencapai kota berlian pertambangan Kimberly, atas desakan Cecil Rhodes, ada
tekanan lebih lanjut dari dia dan orang lain untuk melanjutkan pembangunan
jalur utara ke Bechuanaland. Jarak antara Kimberly dan Vryburg (kemudian
hanya dalam Bechuanaland) adalah 127 kilometer dan pembangunan jalur rel
selesai pada Desember 1890. Jalur ini dibangun oleh Rhodes'British
Perusahaan Afrika Selatan dan dibeli oleh Pemerintah Kereta Api Cape setelah
selesai.Pioneer Kolom Rhodes ', yang telah dibentuk untuk mengambil alih
Konsesi Rhodes-Rudd 1888, telah mencapai Salisbury di Mashonaland pada bulan
September 1890. The Railway Bechuanaland dibentuk di London pada Mei 1893
menjadi membangun jalur kereta api dari Vryburg, melalui Bechuanaland, ke
perbatasan selatan Konsesi tersebut, sekarang disebut "Rhodesia". Cecil
Rhodes adalah ketua dan link yang menghubungkan antara kedua perusahaan British
Selatan Afrika dan Kereta Api Bechuanaland. Pekerjaan dimulai segera
setelah organisasi perusahaan kereta api dan selesai untuk Mafeking pada bulan
Oktober 1894. Ini baris tertentu adalah unik untuk jalur kereta api di
seluruh dunia pada saat itu - itu beroperasi pada keuntungan dari awal.Bekerja
pada perpanjangan garis dari Mafeking ke perbatasan utara Inggris Becuanaland
dimulai pada akhir 1895.Bagian pertama dari 123 mil selesai pada bulan Maret
1897, dengan 359 mil tersisa ke Bulawayo selesai pada bulan November mencapai 1897. Pauling
& Co, pembangun, telah menyelesaikan sesuai dengan energi yang luar biasa,
di Rhodes'urging, karena kombinasi dari kutu Rinderpest dari ternak dan
pemberontakan oleh penduduk asli Matabele. Kedua peristiwa ini menyebabkan
kebutuhan transportasi yang dapat diandalkan untuk menjadi neccessity
mendesak.Jembatan utama atas Tati, Shashi, dan Sungai Mahalapye dibangun baik
sebagai structutres kayu sementara atau sebagai penyeberangan tingkat aktual
(penyeberangan), dengan trek yang diletakkan di dasar sungai. Dengan 1.898
akhir ini penyeberangan sungai telah diganti dengan jembatan gelagar baja
dengan dermaga masonary halus dan abutmen.Pada bulan Mei 1897, sementara jalur
ini di tengah-tengah konstruksi, Kereta Api Bechuanaland mencapai kesepakatan
dengan Pemerintah Cape Kereta Api untuk perusahaan yang terakhir untuk
mengoperasikan baris dari Vryburg ke Bulawayo, mantan perusahaan belum menerima
peralatan sendiri.Pada tanggal 1 Juni 1899 nama Kereta Api Bechuanaland diubah
menjadi Rhodesia Kereta Api karena ditemukan bahwa sumber daya keuangan dari
perusahaan ini akan cukup untuk pembangunan jalur kereta api masa depan dalam
Rhodesia.Selama Perang Anglo-Boer dari 1899-1902 (kadang-kadang disebut Afrika
Selatan Perang), Boer ditangkap kota Vryburg dan mengepung Mafeking selama
delapan bulan. Mereka juga menghancurkan jembatan kereta api di atas
Sungai Metsimasuane sehingga memotong koneksi kereta api Rhodesia dengan Afrika
Selatan.Sepanjang perang Rhodesia Kereta Api dioperasikan kereta lapis baja
antara Mafeking (setelah diselamatkan dari pengepungan pada bulan Mei 1900) dan
Bulawayo. Ini kereta yang semata-mata untuk keperluan militer karena ada
embargo pengiriman komersial pada baris sepanjang durasi perang.Dengan
selesainya jalur Bechuanaland Kereta Api untuk Bulawayo, dan penyelesaian
daerah antara ada dan Salsbury, Mashonaland Kereta Api mulai pembangunan
perpanjangan jalur rel nya dari Salisbury ke Bulawayo. Jalur ini selesai
untuk Gwelo, di pusat Rhodesia, pada Juni 1902, dengan itu diselesaikan ke Bulawayo
pada bulan Desember tahun yang sama.Pada tahun 1901 pekerjaan dimulai pada
ekstensi dari Bulawayo utara melalui distrik batubara Wankie ke Victoria Falls. Itu
sepanjang 161 mil pertama dari baris ini bahwa 70 mil dari "lurus
panjang" itu dijumpai. Jika salah satu adalah untuk berdiri di
stasiun utara Dett, orang bisa melihat lampu dari sebuah kereta api yang
mendekat dalam jarak satu jam setengah sebelum kedatangannya.Jalur ini dibuka
untuk lalu lintas umum untuk Wankie pada bulan Desember 1903 dengan kereta
pertama dari batubara Wankie yang telah dikirim Selatan pada bulan Oktober. Batubara
Wankie diperbolehkan untuk mengimpor batubara ke Rhodesia harus dihentikan dan
juga meningkatkan tingkat lalu lintas di sepanjang jalur kereta api ke Bulawayo
dan seterusnya.Dua jalur cabang untuk melayani tambang emas dibuka pada bulan
Agustus 1903. Yang pertama adalah dua puluh tiga mil antara Gwelo dan
Selukwe dan yang kedua adalah tujuh belas mil antara Bulkawayo dan
Gwanda.Perpanjangan utara garis dari Wankie ke Victoria Falls dimulai pada
bulan September 1903. Ini jalur rel baru selesai pada April 1904 dengan
awal layanan reguler ke Falls pada bulan Juni. Sebuah hotel untuk
wisatawan dibangun pada akhir jalur rel - pemandangan dari teras depan nya
adalah magnificant terjun air dan kabut Victoria Falls.Pekerjaan dimulai pada
Oktober 1903 pada pembangunan baja jembatan lengkung rentang jurang dekat air
terjun.Jembatan adalah 650 meter panjang dan melewati 350 meter di atas
perairan mengamuk dari Sungai Zambesi di bawah ini. Itu berlokasi untuk
memenuhi keinginan Rhodes 'yang melatih menggunakan jembatan disentuh oleh
kabut Victoria Falls.Jembatan telah seluruhnya berkumpul di ironworks di
Darling, Inggris. Ia kemudian diambil terpisah dan dikirim ke lokasi pembangunan
dan dipasang kembali. Jembatan ini secara resmi dibuka untuk lalu lintas
di Sepember 1905. Seperti dibangun jembatan memiliki dua rel kereta api,
pada tahun 1930 salah satu lagu telah dihapus untuk memungkinkan penambahan
jalan melintasi jembatan.Jalur rel utara Sungai Zambesi, untuk Kalomo,
ditempatkan ke dalam layanan pada bulan Juli 1905. Tiga puluh mil dari
garis ini telah dibangun dengan menggunakan bahan-bahan yang mengirim telegram
di seluruh ngarai sebelum selesainya jembatan baja. Hebatnya ini termasuk
melewati lebih dari lokomotif kecil sepotong pada suatu waktu, dengan bagian
terbesar menjadi bingkai seberat dua belas ton.Selama 1905 deposito memimpin di
Broken Hill yang menjadi cukup berkembang sehingga diperlukan pengembangan
lebih lanjut transportasi kereta api. Ini menjabat sebagai dorongan untuk
perpanjangan rel jalur utara Kalomo. Garis antara Bulawayo dan Kalomo
telah dibiayai oleh Rhodesia Railways, ini adalah baris baru yang akan dibiayai
oleh Kereta Api Mashonaland dan dibangun oleh Pauling & Co Broken Hill
dicapai pada bulan Januari 1906, dalam jangka waktu kontrak konstruksi, yang
ditetapkan bahwa jalur ini akan dibangun dengan kecepatan satu mil per
hari. The 106 mil terakhir yang lagi dibangun dengan bahan bergerak
melintasi sebuah sungai besar tanpa manfaat dari jembatan. Sebuah ponton
itu dicurangi untuk mengangkut material, lokomotif, dan mobil di seberang
Sungai Kafue. Jembatan di atas Sungai Kafue ditakdirkan untuk menjadi
jembatan kereta api terpanjang di Afrika, dengan panjang lebih dari 1300
meter.Pengiriman bijih timah dan seng (keduanya biasanya ditemukan
bersama-sama) tiba-tiba berhenti Mei 1907 karena kesulitan dalam pengolahan
mereka di smelter Inggris. Untungnya, pada saat yang sama deposit mineral
yang kaya di Provinsi Katanga Kongo dan deposito tembaga di Bwana M'kubwa,
hanya 120 km sebelah utara dari Broken Hill, datang ke dalam pembangunan. Pada
tahun 1908 Junction Rhodesia-Katanga Kereta Api dan Mineral Co Ltd
diselenggarakan oleh British Afrika Selatan Perusahaan dan Robert Williams,
pemegang konsesi mineral (atau hak) untuk wilayah Katanga yang diberikan
kepadanya oleh pemerintah Belgia. Tujuan perusahaan adalah pembangunan
jalur rel antara Broken Hill dan perbatasan Rhodesia / Kongo Utara. Pekerjaan
dimulai pada Broken Hill, lagi oleh Pauling & Co, pada bulan Mei 1909 dan
pada 11 Desember 1909 "tepat" perayaan diadakan pada lintasan kereta
api dari perbatasan Kongo. Panjang sebenarnya dari rel di perbatasan itu
sendiri yang terhubung satu sama lain dengan pelat tembaga khusus dibuat
joiner, ditetapkan di tempat oleh Gubernur Provinsi Katanga.George Pauling dan
nya Pauling & Co melanjutkan pembangunan jalur rel ke wilayah Kongo untuk
165 mil tambahan, untuk Elisebethville, di bawah arahan dan kontrak dari de Fer
Chemins Katanga (Katanga Railway), sebuah perusahaan Belgia.Sementara jalur rel
sedang diperluas ke Kongo, perluasan jaringan kereta api sedang berlangsung di
Rhodesia Selatan. Tambang emas di dekat West Nicholson adalah subjek
perpanjangan ke kota itu pada bulan Maret 1905.Penemuan kedua emas dan tembaga
di distrik Umvuma menyebabkan pembangunan branchline lima puluh mil ke kota
Umvuma yang selesai pada Juni 1909. Pada 1914 baris ini diperpanjang untuk
melayani tambang emas dan krom terletak di Fort Victoria, di mana Rhodes
'"Kolom Pioneer" telah mendirikan salah satu benteng aslinya pada
tahun 1890. Pada akhir 1909 lalu lintas dari tambang di seluruh daerah -
bijih mineral akan keluar dari negara - menyamai lalu lintas umum, barang impor
yang dibawa, mengurangi backhaul yang tidak diinginkan dari mobil kereta api
yang kosong.Perang Dunia Satu terbukti menjadi boom untuk Kereta Api Rhodesia. Jumlah
lalu lintas mineral meningkat secara signifikan, dari kenaikan seratus persen
untuk chrome peningkatan lima persen ribu untuk memimpin. Lalu lintas
tembaga meningkat dari 5.890 ton pada tahun 1913 sampai 32.000 ton pada tahun
1917-1918.Pada tahun 1928 Rhodesia-Katanga Junction Railway (garis antara
Broken Hill dan perbatasan Kongo) dibeli oleh Perusahaan Kereta Api Mashonaland. Juga,
pada bulan Mei tahun yang sama, sebuah branchline mil enam puluh selesai
selatan Gwelo ke Shabani untuk melayani tambang asbes sana. Jalur ini
dibangun oleh Perusahaan Rauilway Shabani dan dibiayai oleh kepentingan asbes
pertambangan.Pada tahun 1937 Railways Mashonaland secara resmi diakuisisi oleh
Rhodesia Railways Ltd Dengan demikian semua jalur kereta api antara Umtali,
Vryburg (di Afrika Selatan), dan Kongo, dengan pengecualian dari Kereta Api
Shabani pribadi, berada di bawah kepemilikan umum, mengingat bahwa garis dari
Vryburg, melalui Bechuanaland ke Bulawayo sedang dioperasikan oleh Afrika
Selatan Railways, sebagai pengganti Railways Cape Pemerintah.Rhodesia Kereta
Api didorong untuk kedua barang dan penumpang mengangkut kemampuan selama
Perang Dunia Kedua. Tonase angkutan meningkat sebesar empat puluh sembilan
persen dan penumpang oleh seratus Empat puluh tiga persen. Lalu lintas
sangat berat yang pada akhir perang sistem kereta api dihadapkan dengan sangat
dibutuhkan, pengeluaran yang sangat tinggi untuk peralatan baru, rolling stock,
dan pemeliharaan track, bersama dengan modernisasi untuk menangani Rhodesia'a
mendadak pasca-perang ekspansi ekonomi . Investor swasta tidak mampu
untuk mengatur pembiayaan yang diperlukan, sehingga pada April 1, 1947 Rhodesia
Kereta Api Ltd dibeli oleh pemerintah Rhodesia Selatan, yang kemudian
mengangkat pinjaman L30 juta untuk menutupi pengeluaran keuangan yang
diperlukan untuk modernisasi. Hal ini membantu untuk menjelaskan bagaimana
hal itu terjadi bahwa satu pemerintah berada di posisi aneh memiliki garis
kereta api melalui wilayah dua negara lainnya - Rhodesia Utara dan Inggris
Bechuanaland. Pada November 1949 undang-undang disahkan yang didirikan
Rhodesia Kereta Api sebagai badan pemerintah Rhodesia Selatan.Cape Pemerintah
Kereta Api, dan kemudian Afrika Selatan Kereta Api, mengadakan perjanjian
operasi baris dari Vryburg ke Mafeking dan Bulawayo. Pada bulan Desember
1959 Afrika Selatan Kereta Api membeli 112 mil dari garis dalam wilayah negaranya
sendiri, dari Vryburg ke perbatasan Bechuanaland di Ramatlhabama, dari Rhodesia
Kereta Api, penerus Bechuanaland Kereta Api yang telah dibangun garis pada
tahun 1897. Pada saat yang sama Rhodesia Kereta Api mengambil alih dari
Afrika Selatan Railways operasi garis mantan dari Bulawayo ke kota Rhodesia /
Bechuanaland perbatasan Selatan Mahalapye, jarak 269 mil. Afrika Selatan
mempertahankan operasi baris Rhodesia Kereta Api 'dalam Bechuanaland. Pada
bulan September 1966, bertepatan dengan memperoleh kemerdekaan dari Inggris
Bechuanaland sebagai Botswana, Afrika Selatan Kereta Api diserahkan operasi
baris dalam Botswana ke Rhodesia Kereta Api. Juga termasuk adalah
pemberian hak operasi untuk Rhodesia Kereta Api melewati garis Afrika Selatan
Kereta Api 'selama enam belas kilometer dari selatan perbatasan ke kota
Mafeking, di mana lalu lintas yang dipertukarkan dengan Afrika Selatan Kereta
Api dan lokomotif dan awak Kereta Api Rhodesia diaktifkan .Zambia Kereta
Api (ZR)Pada tahun 1953 Federasi Afrika Tengah telah dibentuk dengan Rhodesia
Utara, Rhodesia Selatan, dan Nyassaland sebagai anggotanya. Alasan politis
untuk kedua pembentukannya, dan pembubaran nanti nya, berada di luar tujuan
makalah ini. Perlu dicatat bahwa karena Rhodesia Railways adalah
organisasi terbesar dalam Federasi, itu menjadi representasi dari sikap putih
Fedration ini supremasi. Ketika Federasi dibubarkan pada Januari 1964
pengelolaan dan kepemilikan Rhodesia Kereta Api sama-sama dibagi antara
Rhodesia Selatan dan Rhodesia Utara. Rhodesia Utara tetap menjadi koloni
Kerajaan Inggris sampai merdeka sebagai Republik Zambia pada Oktober
1964.Masalah manajemen perusahaan dengan mitra sejajar dengan sudut pandang
yang sama sekali berbeda jelas akan sangat sulit. Demikianlah masalah
Perkeretaapian Rhodesia dengan kepemilikan dibagi sama rata oleh pemerintah
Zambia, dengan kekuasaan mayoritas hitam, dan Rhodesia dengan pemerintahan
minoritas kulit putih. Pada 1967 masalah itu menjadi cukup serius sehingga
pada tanggal 1 Juli Rhodesia Kereta Api sama-sama dibagi antara dua pemilik. Garis-garis
dalam Zambia Zambia menjadi Kereta Api dan baris dalam Rhodesia tetap sebagai
Rhodesia Kereta Api.Hanya setahun setelah Zambia merdeka itu dihadapkan dengan
tantangan ekonomi yang tangguh sebagai akibat dari Deklarasi Unilateral
Rhodesia Selatan Kemerdekaan pada bulan November 1965. Partisipasi penuh
Zambia dalam boikot ekonomi mengancam untuk melumpuhkan ekonomi, Rhodesia tidak
hanya menjadi sumber utama bahan bakar dan perlengkapan lainnya, tetapi juga
rute transportasi yang paling layak untuk ekspor tembaga. Pada 1967-1968
ekonomi negara mulai pulih. Afrika Selatan telah diganti Rhodesia sebagai
sumber prinsip impor dengan jalur rel melalui Rhodesia tersisa sebagai jalur
transportasi hanya besar Zambia skala.Sampai 1974, Zambia'a tiga keluar
transportasi kereta api utama - melalui Angola sepanjang Kereta Api Benguela,
melalui Rhodesia ke Afrika Selatan, dan melalui Mozambik ke Beira (setelah
pertama lagi melewati Rhodesia) - tergantung pada kemauan baik dari Portugis
dan Rhodesia.Pada bulan Januari 1973 Ian Smith, Rhodesia Perdana Menteri,
menutup jembatan kereta api di Victoria Falls. Dia ini berharap hal itu
akan memindahkan Zambians untuk membatasi gerilyawan nasionalis kulit hitam
yang beroperasi dari negara mereka. Dia membuka kembali rute sebulan
kemudian tapi Zambia membuat penutupan permanen di sisi mereka karena perbedaan
ideologi kedua pemerintah '.Dua lainnya rute, melalui Angola dan Mozambik,
ditutup karena kerusakan yang dilakukan kepada mereka selama perang sipil yang
sedang berlangsung di kedua negara setelah penarikan Portugis pada tahun
1975.Pada tahun 1968 pemulihan ekonomi Zambia diperlukan modernisasi kemampuan
operasional kereta api. Lokomotif baru dan mobil yang dibeli untuk
meningkatkan beberapa keandalan operasi.Namun, perpecahan dengan Rhodesia telah
diambil sejumlah besar manajer yang mampu, dengan penurunan yang dihasilkan
dari layanan dengan kereta api.Pada tahun 1970 sebuah kesepakatan telah
ditandatangani dengan Kereta Api Nasional Kanada untuk perusahaan yang
menyediakan beberapa manajer berpengalaman dan kemampuan manajemen untuk
pengoperasian kereta api.Pada tahun 1975 kontrol dikembalikan ke personel
Zambia, yang pada tahun 1978 terdiri hampir sembilan puluh delapan persen dari
staf operasi.Juga pada tahun 1975, pengoperasian Kereta Api TanZam dimulai. Ini
jalur kereta api telah dibangun oleh orang Cina sebagai proyek asing-bantuan
besar-besaran untuk membantu ekspor tembaga Zambia melalui Tanzania, daripada
melalui Rhodesia atau koloni Portugis Angola (Kereta Api Benguala) dan
Mozambik, yang semuanya politik pasti sebagai transportasi masa depan
rute. Masalah dan kisah pembangunan TanZam yang cukup penting bahwa mereka
tidak dapat dibahas di sini, ada beberapa bidang penelitian penting dilakukan
pada subjek dan pembaca yang tertarik diarahkan untuk ini untuk menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang subjek. (Lebih dikenal sebagai TAZARA,
untuk Tanzania-Zambia Railway Authority, artikel Wikipedia)Salah satu masalah
yang paling serius yang telah datang mengenai kemampuan Zambia untuk
mengoperasikan jaringan kereta api sendiri telah kurangnya keahlian teknis
dalam pemeliharaan rolling stock nya. Sebuah laporan tahun 1978 menyatakan
bahwa "hanya antara empat puluh dan lima puluh dari total tujuh puluh lima
lokomotif yang digunakan, terutama karena kurangnya suku cadang dan pengetahuan
teknis." Zambia terpaksa dieselize sistem di awal 1970 karena armada
lokomotif uap jatuh ke dalam keadaan rusak dan terabaikan. Kebanyakan,
jika tidak semua, masalah ini telah diatasi hari ini karena kombinasi
asing-bantuan dari negara-negara Barat, dalam bentuk peralatan baru dan
personil terlatih, dan pembentukan besar program pelatihan teknis dalam negeri
sendiri. Hari ini [1984], Zambia Railways merupakan salah satu jaringan
kereta api beberapa sukses di benua Afrika.National Railways of Zimbabwe
(NRZ)Setelah Federasi Afrika Tengah dibubarkan pada tahun 1964 dan sebagai
akibat dari pemisahan sistem kereta api dari Rhodesia dan Zambia pada 1967,
Rhodesia Kereta Api pergi melalui program restrukturisasi yang ketat. Hal
ini dilakukan untuk tetap berhasil secara ekonomi saat deklarasi pemerintah
kemerdekaan dan sanksi berikutnya yang bergerak ekonomi. Tambahkan ke ini
masalah naik dari serangan teroris di jaringan kereta api selama periode
ketidakstabilan politik yang ekstrim antara tahun 1970 dan 1979, dan kemampuan
kereta api untuk bertahan hidup itu dikenai pajak hampir ke batas-batasnya. Rhodesia
Kereta Api mewakili kehadiran pemerintah minoritas kulit putih di seluruh
bangsa dan menjadi sasaran dari faksi yang disukai kekuasaan mayoritas hitam
untuk bangsa. Pemerintah putih Ian Smith, melalui serangkaian diri
entrenching bergerak, perlahan-lahan menjadi hampir sepenuhnya isolasionis di
alam, dan itu adalah kemampuan Rhodesia Kereta Api 'untuk mendukung swasembada
industri nasional dan ekonomi yang memungkinkan. Ketika pintu gerbang
untuk lalu lintas tembaga Zambia ditutup pada tahun 1973, itu adalah koneksi ke
jaringan Afrika Selatan, dan rel jaringan Mozambik dan pelabuhan laut yang
menyelamatkan banyak tingkat lalu lintas untuk Rhodesia Kereta Api. Pada
tahun 1975 outlet ke Beira dan Maputo (sebelumnya Lourenco Marques) ditutup
oleh masalah politik di Mozambik.Pembatasan yang dihasilkan hanya tersisa jalur
baru dibangun menghubungkan dengan Kereta Api Selatan Afrika di Beitbridge. Afrika
Selatan Kereta Api telah membangun garis ke kota ini di sisi Rhodesia dari
Transvaal Utara pada tahun 1929. Rhodesia tidak membangun porsinya dari
koneksi sampai setelah tahun 1973 ketika bisa melihat bahwa itu harus memiliki
koneksi kereta api langsung dengan bangsa kulit putih yang diperintah lainnya
di Afrika Selatan - Afrika Selatan.Namun, sanksi ekonomi eksternal dan tekanan
politik internal untuk kekuasaan mayoritas mengenakan pemerintah ke mana bentuk
pemerintahan diizinkan untuk berubah. Rhodesia Kereta Api tetap menjadi
lembaga milik negara ketika bangsa menjadi mayoritas hitam memerintah Republik
Zimbabwe pada tanggal 18 April 1980.Pada tahun 1981 Railways Nasional Zimbabwe
dibentuk sebagai perusahaan yang dikendalikan pemerintah swasta untuk
menganggap kepemilikan semua lini mantan Rhodesia Railways Ltd dalam negara
baru Zimbabwe. Semua koneksi kereta api yang mengarah keluar dari negara
yang telah ditutup karena berbagai alasan kini telah dibuka kembali untuk
gerakan lalu lintas terbatas. The Railway Benguela lagi-lagi terbuka untuk
lalu lintas melalui Angola pada akhir 1979, dan dua koneksi ke port Samudra
Hindia dari Beira dan Maputo di Mozambik yang dibuka kembali pada tahun 1981
dan 1980 masing-masing.