animasi





tinggal ketik untuk mencari data

Senin, 02 Desember 2013

IMPIAN PEMBANGUNAN JALUR KERETA API "CAPE - CAIRO" OLEH BANGSA INGGRIS



Pembangunan jalur kereta api ini diawali impian Cecil Rhodes seorang pengusaha Inggris, pengusaha pertambangan, dan politikus di Afrika Selatan. Rhodes bernama ketua De Beers di pendirian perusahaan pada tahun 1888. Inggris memegang sebagian besar Tengah dan Afrika Selatan, dan jika bukan karena Cecil Rhodes J. Inggris pada daerah tidak akan menjadi kuat seperti itu. Rhodes menjadi "Empire Builder" dari Afrika Selatan. Kereta Api peringkat tinggi dalam visi Cecil Rhodes 'untuk membuka dan mengembangkan interior benua Afrika. Setelah sukses di Kimberly dengan tambang berlian, perhatiannya beralih ke ekspansi ke utara. Mimpi Rhodes 'dari Cape-to-Kairo kereta api selalu di pikirannya, bersama dengan keinginannya untuk menghubungkan Afrika dengan Eropa, dan untuk menghubungkan pelabuhan di sepanjang pantai barat dan timur dengan interior. Dia tahu bahwa kereta api adalah satu-satunya cara untuk mengembangkan rute perdagangan ke pedalaman. Rhodes menerima Royal Charter menggabungkan Inggrisnya Selatan Perusahaan Afrika (Perusahaan Chartered) pada tanggal 29,1889. Garis kereta api adalah untuk menjadi warisan terbesar tunggal dari Perusahaan Chartered ke Afrika Tengah. The British South Africa Company (BSAC), dalam waktu empat hari setelah menerima piagam, memulai pembangunan rel jalur utara dari Kimberly, dengan tujuan akhirnya menjadi Vryburg, 126 mil jauhnya di dalam British Bechuanaland. Dalam waktu kurang dari setahun garis selesai.The Railway Pemerintah Cape telah mencapai Kimberly pada tahun 1885, sebagai perpanjangan dari garis Town-ke-De Cape Aar. Hal ini telah dilakukan di Rhodes mendesak 'dan dengan tekanan lebih lanjut dari dia, karena organisasi baru-baru ini Perusahaan Afrika Selatan British untuk mengembangkan Bechuanaland, Matabeleland, dan Mashonaland ke utara, jalur ini diperpanjang pada tahun 1889 ke Inggris Bechuanaland. Konstruksi mencapai Vryburg, kemudian berada di dalam Bechuanaland, pada bulan Desember 1890.BSAC membangun garis dan itu dibeli oleh Pemerintah Kereta Api Tanjung setelah selesai.Rhodes mendorong kereta api keluar dari Afrika Selatan, dari Kimberly, menjadi Rhodesia dalam upaya untuk segel baik kehadiran Inggris / putih dan untuk memulai pembangunan ekonomi di wilayah tersebut. Baris ini selesai pada tahun 1897 ke Bulawayo. Pada tahun 1903 jalur rel didorong lebih jauh ke utara, menyeberangi Sungai Zambesi di Victoria Falls, dan ke Broken Hill di apa yang menjadi Rhodesia Utara, sekarang Zambia. Namun kemudian, pada tahun 1909, dengan perjanjian antara Belgia dan Inggris, jalur ini diselesaikan ke Sabuk Tembaga. Sumber daya tembaga dari daerah ini dikembangkan mulai pada akhir tahun 1920 dan segera menjadi titik lalu lintas yang paling penting untuk menghasilkan Railways Rhodesia 'rute ke selatan, dengan tembaga dan mineral lainnya akan keluar, dan bahan pembantu dan bahan bakar, sebagian besar batubara dari Wankie , datang masukBeira RailwayUntuk menempati wilayah tanah yang disisihkan untuk dia di Royal Charter nya, Rhodes mengadakan kuasi-militer "Kolom Pioneer" untuk menempa ke Mashonaland.Gaya ini mencapai apa yang sekarang wilayah sekitar Salisbury (Harare) pada bulan September 1890. Dalam beberapa tahun pola pemukiman telah mencapai tingkat yang para pemukim itu sendiri menuntut jaringan transportasi yang handal.Sebagai solusi parsial untuk masalah transportasi, Kereta Api Beira dibentuk, di London, pada tanggal 12 Juli,, 1892 untuk membangun rel kereta api dari desa pesisir Portugis Beira, di seluruh wilayah Portugis, dan ke Mashonaland. Diputuskan untuk membangun garis menggunakan 2 mengukur kaki karena biaya ini mengukur ini lebih murah konstruksi. Pekerjaan dimulai pada 75 mil awal rute pada bulan September 1892. Pada Juni 1894 bekerja juga dimulai di ujung barat dari garis, di "Peg 75 mil", memiliki dua konstruksi kru saling bertemu di tengah, pertemuan ini dilakukan di Chimoio, dengan selesainya ini tujuh puluh lima mil peregangan pada bulan November 1894. Sayangnya, karena masalah keuangan, ini akan menjadi terminal dari baris untuk dua tahun ke depan.Niat aslinya adalah untuk membangun pelabuhan baru di Fontesvilla di Sungai Pugwe. Namun ia segera menemukan bahwa daerah sekitarnya lokasi ini penuh dengan demam dan memutuskan untuk merelokasi pelabuhan baru di muara sungai di Beira. Pada tahun 1895 yang Beira Junction Railway dibentuk oleh kepentingan baik BSAC dan Portugis untuk memperpanjang garis dari Fontesvilla tiga puluh lima mil menyusuri sungai untuk Beira. Ekstensi ini selesai pada bulan Oktober 1896.Pada 1.898 awal pembangunan Kereta Api Beira telah kembali dan pada bulan Februari jalur ini selesai untuk Umtali, layanan angkutan reguler pertama dimulai pada 16 Februari. Setelah selesai untuk Umtali, Kereta Api Beira telah disewa untuk operasi untuk Pauling & Co, konstruktor nya.Pembangunan jalur telah menutupi 222 mil antara Beira dan Umtali.Pertanyaan mengukur track segera muncul. Para perencana di London merasa bahwa koloni seharusnya tidak memiliki standar (4'8-1/2 ") jalur ukur. Jadi ketika jalur rel dibangun ke Afrika Selatan pedalaman, ke Kimberly, melalui Bechuanaland dan ke Bulawayo pada tahun 1897, itu dibangun dengan menggunakan 3'6 "gauge.Indeks ini telah dipilih sebagai "standar" untuk kereta api yang akan dibangun di Afrika, sehingga ketika Kereta Api Mashonaland selesai dari Umtali ke Salisbury Mei 1899 itu diperlukan untuk memiliki titik transfer di Umtali untuk transfer barangdari "mobil 3'6 mengukur untuk mobil mengukur 2 '. Sebagai akal sehat akan memberitahu Anda segera menjadi jelas bahwa ini jenis operasi hanya tidak akan bekerja. Diputuskan untuk kembali mengukur seluruh Beira Railway kestandar 3'6 "gauge dan pekerjaan ini dimulai pada Umtali pada akhir musim panas 1899. Pada bulan November tahun itu pekerjaan konversi telah mencapai titik sekitar empat puluh km sebelah timur dari Umtali. The re-pengukuran dari sisa jalur ini diselesaikan ke pelabuhan Beira pada bulan Agustus 1900 dan diserahkan kepada Kereta Api Mashonaland untuk operasi. Pada pagi hari tanggal 1 Agustus kereta perdana untuk garis baru kembali diukur dikukus ke Beira dari Umtali. Enam puluh mil terakhir dari mengukur 2 'telah diubah oleh kekuatan besar pria spasi sepanjang trek selama empat hari sebelumnya.Sebagai catatan, jembatan kayu dari seluruh baris juga dibangun kembali menggunakan baja karena mereka tidak cukup kuat dan tidak cukup lebar untuk baris baru 3'6 "gauge.Antara Maret dan Juli 1900, karena Perang Anglo-Boer dari 1.899-1.902, 2 gabungan 'dan 3'6 "sistem pengukur digunakan untuk mengangkut pasukan Carrington ke dalam Highveldt tersebut. Ini kekuatan militer terdiri dari 5.000 laki-laki, 10.000 kuda, dan 14.000 ton dari toko militer, senjata dan amunisi. Pasukan Inggris, Kanada, dan Australia gabungan, yang dipimpin oleh Jenderal Carrington, terikat untuk Marandellas untuk membawa perang ke wilayah Transvaal di Afrika Selatan.Sebagai bagian dari perjanjian antara pemerintah Portugis dan Inggris Selatan Perusahaan Afrika, dan kepentingannya, untuk pembangunan dan pengoperasian Kereta Api Beira, pemerintah Portugis mempertahankan haknya untuk membeli seluruh baris pada beberapa waktu di masa depan. Pada tahun 1949 ia melaksanakan hak ini dan membeli garis dari Rhodesia Railways, sesaat sebelum bahwa perusahaan itu sendiri yang dibeli oleh pemerintah Rhodesia Selatan. Pembelian tersebut selesai pada tanggal 6 April 1949 dengan masa transisi, pelatihan bagi karyawan, yang berlangsung hingga 1 Oktober. Pada saat itu aliansi panjang antara Beira Kereta Api dan Kereta Api Rhodesia berakhir. Jalur ini saat ini dioperasikan sebagai Divisi Beira Mozambik Harbours, Kereta Api dan Transportasi.Mashonaland Kereta ApiPerusahaan ini diselenggarakan di April 1897 untuk membangun jalur rel antara Salisbury dan Kereta Api di Beira Umtali. Pekerjaan dimulai pada Januari 1898 di Umtali menggunakan materi yang dikirimkan selama 2 'mengukur Beira Kereta Api dari Beira. Tracklaying selesai ke Salisbury bulan Mei 1899. Setelah selesai garis diserahkan kepada Pauling & Co untuk operasi, mereka melakukannya di samping operasi mereka dari Kereta Api Beira menghubungkan.Mungkin fakta bahwa satu perusahaan yang mengoperasikan kereta api yang baik gauge-istirahat di Umtali dilakukan jauh dengan dan Kereta Api Beira diubah menjadi alat ukur "Afrika Selatan standar" dari 3'6 ". Pauling & Co dioperasikandua baris sebagai Mashonaland gabungan dan Beira Railway (MBR). Karena konversi mengukur pada tahun 1900, panjang garis dari Beira ke Salisbury dipersingkat dari 374 mil ke 356 mil.Jalur mengukur A 2 'dibangun (menggunakan kedua tangan bahan dan peralatan dari Beira Railway) antara Salisbury dan Tambang Emas Ayrshire oleh Tambang Emas Aryshire dan Lomgunda Kereta Api. Itu dimulai pada tahun 1902 awal dan selesai pada bulan Agustus tahun yang sama. Jalur ini dibangun oleh Pauling & Co dan dioperasikan dengan peralatan tangan kedua dari Kereta Api Beira.Pada 1908 bijih emas di tambang Ayrshire hanya tentang pergi dan garis antara BANKET dan Ayrshire jatuh ke dalam tidak digunakan. Tambang emas lainnya telah dibuka di wilayah Lomagunda, cukup untuk mendukung garis dari Salisbury dan BANKET. Tambahan tambang dikembangkan di daerah dan mereka menghasilkan lalu lintas yang cukup untuk membenarkan pembangunan 3'6 "garis ukur untuk Shamva dan konversi dari garis Salisbury-BANKET mengukur 2 'ke" "3'6" standar. Dengan Juni 1913 semua pekerjaan ini selesai sehingga semua layanan kereta api utara dari Salisbury modern dan mampu menangani kebutuhan sekarang dan masa depan, termasuk pembangunan pertanian tumbuh daerah.Bechuanaland Railway (Kereta Api kemudian Rhodesia)Pada tahun 1885 setelah Perkeretaapian Pemerintah Cape telah mencapai kota berlian pertambangan Kimberly, atas desakan Cecil Rhodes, ada tekanan lebih lanjut dari dia dan orang lain untuk melanjutkan pembangunan jalur utara ke Bechuanaland. Jarak antara Kimberly dan Vryburg (kemudian hanya dalam Bechuanaland) adalah 127 kilometer dan pembangunan jalur rel selesai pada Desember 1890. Jalur ini dibangun oleh Rhodes'British Perusahaan Afrika Selatan dan dibeli oleh Pemerintah Kereta Api Cape setelah selesai.Pioneer Kolom Rhodes ', yang telah dibentuk untuk mengambil alih Konsesi Rhodes-Rudd 1888, telah mencapai Salisbury di Mashonaland pada bulan September 1890. The Railway Bechuanaland dibentuk di London pada Mei 1893 menjadi membangun jalur kereta api dari Vryburg, melalui Bechuanaland, ke perbatasan selatan Konsesi tersebut, sekarang disebut "Rhodesia". Cecil Rhodes adalah ketua dan link yang menghubungkan antara kedua perusahaan British Selatan Afrika dan Kereta Api Bechuanaland. Pekerjaan dimulai segera setelah organisasi perusahaan kereta api dan selesai untuk Mafeking pada bulan Oktober 1894. Ini baris tertentu adalah unik untuk jalur kereta api di seluruh dunia pada saat itu - itu beroperasi pada keuntungan dari awal.Bekerja pada perpanjangan garis dari Mafeking ke perbatasan utara Inggris Becuanaland dimulai pada akhir 1895.Bagian pertama dari 123 mil selesai pada bulan Maret 1897, dengan 359 mil tersisa ke Bulawayo selesai pada bulan November mencapai 1897. Pauling & Co, pembangun, telah menyelesaikan sesuai dengan energi yang luar biasa, di Rhodes'urging, karena kombinasi dari kutu Rinderpest dari ternak dan pemberontakan oleh penduduk asli Matabele. Kedua peristiwa ini menyebabkan kebutuhan transportasi yang dapat diandalkan untuk menjadi neccessity mendesak.Jembatan utama atas Tati, Shashi, dan Sungai Mahalapye dibangun baik sebagai structutres kayu sementara atau sebagai penyeberangan tingkat aktual (penyeberangan), dengan trek yang diletakkan di dasar sungai. Dengan 1.898 akhir ini penyeberangan sungai telah diganti dengan jembatan gelagar baja dengan dermaga masonary halus dan abutmen.Pada bulan Mei 1897, sementara jalur ini di tengah-tengah konstruksi, Kereta Api Bechuanaland mencapai kesepakatan dengan Pemerintah Cape Kereta Api untuk perusahaan yang terakhir untuk mengoperasikan baris dari Vryburg ke Bulawayo, mantan perusahaan belum menerima peralatan sendiri.Pada tanggal 1 Juni 1899 nama Kereta Api Bechuanaland diubah menjadi Rhodesia Kereta Api karena ditemukan bahwa sumber daya keuangan dari perusahaan ini akan cukup untuk pembangunan jalur kereta api masa depan dalam Rhodesia.Selama Perang Anglo-Boer dari 1899-1902 (kadang-kadang disebut Afrika Selatan Perang), Boer ditangkap kota Vryburg dan mengepung Mafeking selama delapan bulan. Mereka juga menghancurkan jembatan kereta api di atas Sungai Metsimasuane sehingga memotong koneksi kereta api Rhodesia dengan Afrika Selatan.Sepanjang perang Rhodesia Kereta Api dioperasikan kereta lapis baja antara Mafeking (setelah diselamatkan dari pengepungan pada bulan Mei 1900) dan Bulawayo. Ini kereta yang semata-mata untuk keperluan militer karena ada embargo pengiriman komersial pada baris sepanjang durasi perang.Dengan selesainya jalur Bechuanaland Kereta Api untuk Bulawayo, dan penyelesaian daerah antara ada dan Salsbury, Mashonaland Kereta Api mulai pembangunan perpanjangan jalur rel nya dari Salisbury ke Bulawayo. Jalur ini selesai untuk Gwelo, di pusat Rhodesia, pada Juni 1902, dengan itu diselesaikan ke Bulawayo pada bulan Desember tahun yang sama.Pada tahun 1901 pekerjaan dimulai pada ekstensi dari Bulawayo utara melalui distrik batubara Wankie ke Victoria Falls. Itu sepanjang 161 mil pertama dari baris ini bahwa 70 mil dari "lurus panjang" itu dijumpai. Jika salah satu adalah untuk berdiri di stasiun utara Dett, orang bisa melihat lampu dari sebuah kereta api yang mendekat dalam jarak satu jam setengah sebelum kedatangannya.Jalur ini dibuka untuk lalu lintas umum untuk Wankie pada bulan Desember 1903 dengan kereta pertama dari batubara Wankie yang telah dikirim Selatan pada bulan Oktober. Batubara Wankie diperbolehkan untuk mengimpor batubara ke Rhodesia harus dihentikan dan juga meningkatkan tingkat lalu lintas di sepanjang jalur kereta api ke Bulawayo dan seterusnya.Dua jalur cabang untuk melayani tambang emas dibuka pada bulan Agustus 1903. Yang pertama adalah dua puluh tiga mil antara Gwelo dan Selukwe dan yang kedua adalah tujuh belas mil antara Bulkawayo dan Gwanda.Perpanjangan utara garis dari Wankie ke Victoria Falls dimulai pada bulan September 1903. Ini jalur rel baru selesai pada April 1904 dengan awal layanan reguler ke Falls pada bulan Juni. Sebuah hotel untuk wisatawan dibangun pada akhir jalur rel - pemandangan dari teras depan nya adalah magnificant terjun air dan kabut Victoria Falls.Pekerjaan dimulai pada Oktober 1903 pada pembangunan baja jembatan lengkung rentang jurang dekat air terjun.Jembatan adalah 650 meter panjang dan melewati 350 meter di atas perairan mengamuk dari Sungai Zambesi di bawah ini. Itu berlokasi untuk memenuhi keinginan Rhodes 'yang melatih menggunakan jembatan disentuh oleh kabut Victoria Falls.Jembatan telah seluruhnya berkumpul di ironworks di Darling, Inggris. Ia kemudian diambil terpisah dan dikirim ke lokasi pembangunan dan dipasang kembali. Jembatan ini secara resmi dibuka untuk lalu lintas di Sepember 1905. Seperti dibangun jembatan memiliki dua rel kereta api, pada tahun 1930 salah satu lagu telah dihapus untuk memungkinkan penambahan jalan melintasi jembatan.Jalur rel utara Sungai Zambesi, untuk Kalomo, ditempatkan ke dalam layanan pada bulan Juli 1905. Tiga puluh mil dari garis ini telah dibangun dengan menggunakan bahan-bahan yang mengirim telegram di seluruh ngarai sebelum selesainya jembatan baja. Hebatnya ini termasuk melewati lebih dari lokomotif kecil sepotong pada suatu waktu, dengan bagian terbesar menjadi bingkai seberat dua belas ton.Selama 1905 deposito memimpin di Broken Hill yang menjadi cukup berkembang sehingga diperlukan pengembangan lebih lanjut transportasi kereta api. Ini menjabat sebagai dorongan untuk perpanjangan rel jalur utara Kalomo. Garis antara Bulawayo dan Kalomo telah dibiayai oleh Rhodesia Railways, ini adalah baris baru yang akan dibiayai oleh Kereta Api Mashonaland dan dibangun oleh Pauling & Co Broken Hill dicapai pada bulan Januari 1906, dalam jangka waktu kontrak konstruksi, yang ditetapkan bahwa jalur ini akan dibangun dengan kecepatan satu mil per hari. The 106 mil terakhir yang lagi dibangun dengan bahan bergerak melintasi sebuah sungai besar tanpa manfaat dari jembatan. Sebuah ponton itu dicurangi untuk mengangkut material, lokomotif, dan mobil di seberang Sungai Kafue. Jembatan di atas Sungai Kafue ditakdirkan untuk menjadi jembatan kereta api terpanjang di Afrika, dengan panjang lebih dari 1300 meter.Pengiriman bijih timah dan seng (keduanya biasanya ditemukan bersama-sama) tiba-tiba berhenti Mei 1907 karena kesulitan dalam pengolahan mereka di smelter Inggris. Untungnya, pada saat yang sama deposit mineral yang kaya di Provinsi Katanga Kongo dan deposito tembaga di Bwana M'kubwa, hanya 120 km sebelah utara dari Broken Hill, datang ke dalam pembangunan. Pada tahun 1908 Junction Rhodesia-Katanga Kereta Api dan Mineral Co Ltd diselenggarakan oleh British Afrika Selatan Perusahaan dan Robert Williams, pemegang konsesi mineral (atau hak) untuk wilayah Katanga yang diberikan kepadanya oleh pemerintah Belgia. Tujuan perusahaan adalah pembangunan jalur rel antara Broken Hill dan perbatasan Rhodesia / Kongo Utara. Pekerjaan dimulai pada Broken Hill, lagi oleh Pauling & Co, pada bulan Mei 1909 dan pada 11 Desember 1909 "tepat" perayaan diadakan pada lintasan kereta api dari perbatasan Kongo. Panjang sebenarnya dari rel di perbatasan itu sendiri yang terhubung satu sama lain dengan pelat tembaga khusus dibuat joiner, ditetapkan di tempat oleh Gubernur Provinsi Katanga.George Pauling dan nya Pauling & Co melanjutkan pembangunan jalur rel ke wilayah Kongo untuk 165 mil tambahan, untuk Elisebethville, di bawah arahan dan kontrak dari de Fer Chemins Katanga (Katanga Railway), sebuah perusahaan Belgia.Sementara jalur rel sedang diperluas ke Kongo, perluasan jaringan kereta api sedang berlangsung di Rhodesia Selatan. Tambang emas di dekat West Nicholson adalah subjek perpanjangan ke kota itu pada bulan Maret 1905.Penemuan kedua emas dan tembaga di distrik Umvuma menyebabkan pembangunan branchline lima puluh mil ke kota Umvuma yang selesai pada Juni 1909. Pada 1914 baris ini diperpanjang untuk melayani tambang emas dan krom terletak di Fort Victoria, di mana Rhodes '"Kolom Pioneer" telah mendirikan salah satu benteng aslinya pada tahun 1890. Pada akhir 1909 lalu lintas dari tambang di seluruh daerah - bijih mineral akan keluar dari negara - menyamai lalu lintas umum, barang impor yang dibawa, mengurangi backhaul yang tidak diinginkan dari mobil kereta api yang kosong.Perang Dunia Satu terbukti menjadi boom untuk Kereta Api Rhodesia. Jumlah lalu lintas mineral meningkat secara signifikan, dari kenaikan seratus persen untuk chrome peningkatan lima persen ribu untuk memimpin. Lalu lintas tembaga meningkat dari 5.890 ton pada tahun 1913 sampai 32.000 ton pada tahun 1917-1918.Pada tahun 1928 Rhodesia-Katanga Junction Railway (garis antara Broken Hill dan perbatasan Kongo) dibeli oleh Perusahaan Kereta Api Mashonaland. Juga, pada bulan Mei tahun yang sama, sebuah branchline mil enam puluh selesai selatan Gwelo ke Shabani untuk melayani tambang asbes sana. Jalur ini dibangun oleh Perusahaan Rauilway Shabani dan dibiayai oleh kepentingan asbes pertambangan.Pada tahun 1937 Railways Mashonaland secara resmi diakuisisi oleh Rhodesia Railways Ltd Dengan demikian semua jalur kereta api antara Umtali, Vryburg (di Afrika Selatan), dan Kongo, dengan pengecualian dari Kereta Api Shabani pribadi, berada di bawah kepemilikan umum, mengingat bahwa garis dari Vryburg, melalui Bechuanaland ke Bulawayo sedang dioperasikan oleh Afrika Selatan Railways, sebagai pengganti Railways Cape Pemerintah.Rhodesia Kereta Api didorong untuk kedua barang dan penumpang mengangkut kemampuan selama Perang Dunia Kedua. Tonase angkutan meningkat sebesar empat puluh sembilan persen dan penumpang oleh seratus Empat puluh tiga persen. Lalu lintas sangat berat yang pada akhir perang sistem kereta api dihadapkan dengan sangat dibutuhkan, pengeluaran yang sangat tinggi untuk peralatan baru, rolling stock, dan pemeliharaan track, bersama dengan modernisasi untuk menangani Rhodesia'a mendadak pasca-perang ekspansi ekonomi . Investor swasta tidak mampu untuk mengatur pembiayaan yang diperlukan, sehingga pada April 1, 1947 Rhodesia Kereta Api Ltd dibeli oleh pemerintah Rhodesia Selatan, yang kemudian mengangkat pinjaman L30 juta untuk menutupi pengeluaran keuangan yang diperlukan untuk modernisasi. Hal ini membantu untuk menjelaskan bagaimana hal itu terjadi bahwa satu pemerintah berada di posisi aneh memiliki garis kereta api melalui wilayah dua negara lainnya - Rhodesia Utara dan Inggris Bechuanaland. Pada November 1949 undang-undang disahkan yang didirikan Rhodesia Kereta Api sebagai badan pemerintah Rhodesia Selatan.Cape Pemerintah Kereta Api, dan kemudian Afrika Selatan Kereta Api, mengadakan perjanjian operasi baris dari Vryburg ke Mafeking dan Bulawayo. Pada bulan Desember 1959 Afrika Selatan Kereta Api membeli 112 mil dari garis dalam wilayah negaranya sendiri, dari Vryburg ke perbatasan Bechuanaland di Ramatlhabama, dari Rhodesia Kereta Api, penerus Bechuanaland Kereta Api yang telah dibangun garis pada tahun 1897. Pada saat yang sama Rhodesia Kereta Api mengambil alih dari Afrika Selatan Railways operasi garis mantan dari Bulawayo ke kota Rhodesia / Bechuanaland perbatasan Selatan Mahalapye, jarak 269 mil. Afrika Selatan mempertahankan operasi baris Rhodesia Kereta Api 'dalam Bechuanaland. Pada bulan September 1966, bertepatan dengan memperoleh kemerdekaan dari Inggris Bechuanaland sebagai Botswana, Afrika Selatan Kereta Api diserahkan operasi baris dalam Botswana ke Rhodesia Kereta Api. Juga termasuk adalah pemberian hak operasi untuk Rhodesia Kereta Api melewati garis Afrika Selatan Kereta Api 'selama enam belas kilometer dari selatan perbatasan ke kota Mafeking, di mana lalu lintas yang dipertukarkan dengan Afrika Selatan Kereta Api dan lokomotif dan awak Kereta Api Rhodesia diaktifkan .Zambia Kereta Api (ZR)Pada tahun 1953 Federasi Afrika Tengah telah dibentuk dengan Rhodesia Utara, Rhodesia Selatan, dan Nyassaland sebagai anggotanya. Alasan politis untuk kedua pembentukannya, dan pembubaran nanti nya, berada di luar tujuan makalah ini. Perlu dicatat bahwa karena Rhodesia Railways adalah organisasi terbesar dalam Federasi, itu menjadi representasi dari sikap putih Fedration ini supremasi. Ketika Federasi dibubarkan pada Januari 1964 pengelolaan dan kepemilikan Rhodesia Kereta Api sama-sama dibagi antara Rhodesia Selatan dan Rhodesia Utara. Rhodesia Utara tetap menjadi koloni Kerajaan Inggris sampai merdeka sebagai Republik Zambia pada Oktober 1964.Masalah manajemen perusahaan dengan mitra sejajar dengan sudut pandang yang sama sekali berbeda jelas akan sangat sulit. Demikianlah masalah Perkeretaapian Rhodesia dengan kepemilikan dibagi sama rata oleh pemerintah Zambia, dengan kekuasaan mayoritas hitam, dan Rhodesia dengan pemerintahan minoritas kulit putih. Pada 1967 masalah itu menjadi cukup serius sehingga pada tanggal 1 Juli Rhodesia Kereta Api sama-sama dibagi antara dua pemilik. Garis-garis dalam Zambia Zambia menjadi Kereta Api dan baris dalam Rhodesia tetap sebagai Rhodesia Kereta Api.Hanya setahun setelah Zambia merdeka itu dihadapkan dengan tantangan ekonomi yang tangguh sebagai akibat dari Deklarasi Unilateral Rhodesia Selatan Kemerdekaan pada bulan November 1965. Partisipasi penuh Zambia dalam boikot ekonomi mengancam untuk melumpuhkan ekonomi, Rhodesia tidak hanya menjadi sumber utama bahan bakar dan perlengkapan lainnya, tetapi juga rute transportasi yang paling layak untuk ekspor tembaga. Pada 1967-1968 ekonomi negara mulai pulih. Afrika Selatan telah diganti Rhodesia sebagai sumber prinsip impor dengan jalur rel melalui Rhodesia tersisa sebagai jalur transportasi hanya besar Zambia skala.Sampai 1974, Zambia'a ​​tiga keluar transportasi kereta api utama - melalui Angola sepanjang Kereta Api Benguela, melalui Rhodesia ke Afrika Selatan, dan melalui Mozambik ke Beira (setelah pertama lagi melewati Rhodesia) - tergantung pada kemauan baik dari Portugis dan Rhodesia.Pada bulan Januari 1973 Ian Smith, Rhodesia Perdana Menteri, menutup jembatan kereta api di Victoria Falls. Dia ini berharap hal itu akan memindahkan Zambians untuk membatasi gerilyawan nasionalis kulit hitam yang beroperasi dari negara mereka. Dia membuka kembali rute sebulan kemudian tapi Zambia membuat penutupan permanen di sisi mereka karena perbedaan ideologi kedua pemerintah '.Dua lainnya rute, melalui Angola dan Mozambik, ditutup karena kerusakan yang dilakukan kepada mereka selama perang sipil yang sedang berlangsung di kedua negara setelah penarikan Portugis pada tahun 1975.Pada tahun 1968 pemulihan ekonomi Zambia diperlukan modernisasi kemampuan operasional kereta api. Lokomotif baru dan mobil yang dibeli untuk meningkatkan beberapa keandalan operasi.Namun, perpecahan dengan Rhodesia telah diambil sejumlah besar manajer yang mampu, dengan penurunan yang dihasilkan dari layanan dengan kereta api.Pada tahun 1970 sebuah kesepakatan telah ditandatangani dengan Kereta Api Nasional Kanada untuk perusahaan yang menyediakan beberapa manajer berpengalaman dan kemampuan manajemen untuk pengoperasian kereta api.Pada tahun 1975 kontrol dikembalikan ke personel Zambia, yang pada tahun 1978 terdiri hampir sembilan puluh delapan persen dari staf operasi.Juga pada tahun 1975, pengoperasian Kereta Api TanZam dimulai. Ini jalur kereta api telah dibangun oleh orang Cina sebagai proyek asing-bantuan besar-besaran untuk membantu ekspor tembaga Zambia melalui Tanzania, daripada melalui Rhodesia atau koloni Portugis Angola (Kereta Api Benguala) dan Mozambik, yang semuanya politik pasti sebagai transportasi masa depan rute. Masalah dan kisah pembangunan TanZam yang cukup penting bahwa mereka tidak dapat dibahas di sini, ada beberapa bidang penelitian penting dilakukan pada subjek dan pembaca yang tertarik diarahkan untuk ini untuk menambah pengetahuan dan pemahaman tentang subjek. (Lebih dikenal sebagai TAZARA, untuk Tanzania-Zambia Railway Authority, artikel Wikipedia)Salah satu masalah yang paling serius yang telah datang mengenai kemampuan Zambia untuk mengoperasikan jaringan kereta api sendiri telah kurangnya keahlian teknis dalam pemeliharaan rolling stock nya. Sebuah laporan tahun 1978 menyatakan bahwa "hanya antara empat puluh dan lima puluh dari total tujuh puluh lima lokomotif yang digunakan, terutama karena kurangnya suku cadang dan pengetahuan teknis." Zambia terpaksa dieselize sistem di awal 1970 karena armada lokomotif uap jatuh ke dalam keadaan rusak dan terabaikan. Kebanyakan, jika tidak semua, masalah ini telah diatasi hari ini karena kombinasi asing-bantuan dari negara-negara Barat, dalam bentuk peralatan baru dan personil terlatih, dan pembentukan besar program pelatihan teknis dalam negeri sendiri. Hari ini [1984], Zambia Railways merupakan salah satu jaringan kereta api beberapa sukses di benua Afrika.National Railways of Zimbabwe (NRZ)Setelah Federasi Afrika Tengah dibubarkan pada tahun 1964 dan sebagai akibat dari pemisahan sistem kereta api dari Rhodesia dan Zambia pada 1967, Rhodesia Kereta Api pergi melalui program restrukturisasi yang ketat. Hal ini dilakukan untuk tetap berhasil secara ekonomi saat deklarasi pemerintah kemerdekaan dan sanksi berikutnya yang bergerak ekonomi. Tambahkan ke ini masalah naik dari serangan teroris di jaringan kereta api selama periode ketidakstabilan politik yang ekstrim antara tahun 1970 dan 1979, dan kemampuan kereta api untuk bertahan hidup itu dikenai pajak hampir ke batas-batasnya. Rhodesia Kereta Api mewakili kehadiran pemerintah minoritas kulit putih di seluruh bangsa dan menjadi sasaran dari faksi yang disukai kekuasaan mayoritas hitam untuk bangsa. Pemerintah putih Ian Smith, melalui serangkaian diri entrenching bergerak, perlahan-lahan menjadi hampir sepenuhnya isolasionis di alam, dan itu adalah kemampuan Rhodesia Kereta Api 'untuk mendukung swasembada industri nasional dan ekonomi yang memungkinkan. Ketika pintu gerbang untuk lalu lintas tembaga Zambia ditutup pada tahun 1973, itu adalah koneksi ke jaringan Afrika Selatan, dan rel jaringan Mozambik dan pelabuhan laut yang menyelamatkan banyak tingkat lalu lintas untuk Rhodesia Kereta Api. Pada tahun 1975 outlet ke Beira dan Maputo (sebelumnya Lourenco Marques) ditutup oleh masalah politik di Mozambik.Pembatasan yang dihasilkan hanya tersisa jalur baru dibangun menghubungkan dengan Kereta Api Selatan Afrika di Beitbridge. Afrika Selatan Kereta Api telah membangun garis ke kota ini di sisi Rhodesia dari Transvaal Utara pada tahun 1929. Rhodesia tidak membangun porsinya dari koneksi sampai setelah tahun 1973 ketika bisa melihat bahwa itu harus memiliki koneksi kereta api langsung dengan bangsa kulit putih yang diperintah lainnya di Afrika Selatan - Afrika Selatan.Namun, sanksi ekonomi eksternal dan tekanan politik internal untuk kekuasaan mayoritas mengenakan pemerintah ke mana bentuk pemerintahan diizinkan untuk berubah. Rhodesia Kereta Api tetap menjadi lembaga milik negara ketika bangsa menjadi mayoritas hitam memerintah Republik Zimbabwe pada tanggal 18 April 1980.Pada tahun 1981 Railways Nasional Zimbabwe dibentuk sebagai perusahaan yang dikendalikan pemerintah swasta untuk menganggap kepemilikan semua lini mantan Rhodesia Railways Ltd dalam negara baru Zimbabwe. Semua koneksi kereta api yang mengarah keluar dari negara yang telah ditutup karena berbagai alasan kini telah dibuka kembali untuk gerakan lalu lintas terbatas. The Railway Benguela lagi-lagi terbuka untuk lalu lintas melalui Angola pada akhir 1979, dan dua koneksi ke port Samudra Hindia dari Beira dan Maputo di Mozambik yang dibuka kembali pada tahun 1981 dan 1980 masing-masing.